Teks Drama Bagian 3

Walaupun Berbeda-Beda Suku Dan Ras Tetapi Tetap Satu.

Durasi : 40 Menit
Pengarang : Wahyu Dwi Lesmono
Tema : Persahabatan, Kehidupan, Kekeluargaan
Aliran : Campuran, Tradisional
Jumlah Karakter : 11 Orang (Hasbulloh, Aminah, Dhita, Aziz, Abryan, Harry, Wahyu, Nia, Nova, Adit, Tukang Sayur)

Pada suatu hari di sebuah desa yang cukup tradisional & belum dipenuhi penduduk sehingga suasanapun terasa asri. Desa tersebut dikenal dengan sebutan “Suka Goyang” sehingga banyak sekali para pendatang baru dari berbagai suku & ras yang ingin tinggal di desa tersebut.

Hasbulloh : “Eh Mpok Mineh … elu tau kaga katanye didesa Suka Goyang kite ini ada pendatang baru neh ari Bandung, Pokonye Pulau Jawa Barat, Tengah dah !”
Aminah : “Ah… yang bener neh bang ?!?! Tau dari mane lu bang ?? Kok aye kaga tau ye bang ?! hehehehe.....”
Hasbulloh : ”Apaan orang-orang udeh pada tau min, min... Kemane aje lu ? Makenye, lu jangan diem dirumah bae... ! Pan, lu jadi kaga tau ada penduduk baru.”
Aminah : ”Emang iye bang ya ?”
Hasbulloh : ”Iye Oneng... ! Ah payah nih bini gue. Heuh !”
Aminah : ”Apaan sih bang ?!?!? Oh, jadi nyesel nih jadi laki aye ? Oh.... OK ! Ntar malam gak gue kasih jatah loe bang ! Heuh !” (Nada Marah)
Hasbulloh : ”Hahaha.... Kagak-kagak. Aduh, Maaf dah cantik, bini gua mah the best forever lah... OK OK.” (Merayu Aminah)
Aminah : ”Iye, Iye.... aye maafin !”

Beberapa hari kemudian ada 2 orang sunda datang ke desa Suka Goyang dengan suasana yang sangat panas. Mereka pun bermaksud untuk tinggal di desa tersebut. Walaupun jauh dari kamppung halamannya, mereka nekat pada pendiriannya untuk tetap tinggal di desa Suka Goyang tersebut.

Dhita : “Aduh, hareudang pisan euy !!! A’a, hoyong nyokot kontrakan dimana ??” (Sambil mengusap dahinya dengan sapu tangan dan tidak lupa membawa tas yang berisi pakaian)
Aziz : “Dimana waelah neng, un penting urang bisa neduh heula ayeuna mah, cape-cape yeuh !” (Dengan wajah yang kelelahan sambil membawa tas)
Dhita : “Hayu atuh…. ! Di dieu heula we, A’a !! Anginna Spay-spoy…”
Aziz : “He’euh…”

Terlihat dari kejauhan ada 2 orang bocah yang sedang asyik bermain sepak bola. Dan salah satu dari mereka ada yang mengalihkan perhatiannya pada 2 orang sunda tersebut. Yang dari tadi sedang asyik beristirahat di sebuah pohon yang besar.

Abryan : “De, ada orang tuh ! Kayanye pendatang baru tuh !! Kite kerjain yuk ?”
Harry : “Ayo dah bang ! Gimane kalo kite tending ajeh ni bola ke cewenya !?”
Abryan : “Okeh dah !! Boleh jug aide lu… hehehehe” (Dan langsung menendang bola tersebut kea rah sic ewe sunda itu)
Dhita : “Aduh… a’a nyeri pisan euy !!! (Sambil menahan sakit kepalanya) Saha sih panas-panas kieu nu maen bola ?? Kurang ngajar pisan kena kapala urang, SIAUL !” (Dengan wajah yang kesal)
Aziz : (Sambil menghibur Dhita) “Tenang neng kan aya a’a disampingmu. WOY ! saha nu nendang tadi ?? BELEGUG siah !!” (Sambil mengelus-elus kepala Dhita)

Sambil mengelus-ngelus kepaala dhita, terlihat dari kejauhan 2 Anak Juragan Kontrakan itu malah asyik cengengesan melihaat orang sunda tersebut.

Harry : “Bang ambil sana bolanye !” (Dengan nada ketakutan)
Abryan : ”Ogah ah, elu ajah napah ?? Takut gua !!” (Sambil menyuruh adenya)
Harry : ”Yeuh, tadi kan abang yang punya ide !”
Abryan : ”Yya udah gua ajah deh... ah CEMEN lu !!”
Harry : ”Ya udah sanah !” (Dengan rasa ketakutan, Abryan pun menghampiri orang sunda tersebut)
Abryan : ”Misi bang, aye mao ngambil bola.”
Aziz : ”Wahh, maneh nyah nu NENDANG bola meuni kena sirah ISTRI urang ?” (Dengan nada marah)
Dhita : ”Eh, bilangin ajah sanah sama babeh enyak lu ! Gue ga TAKUT tao !!” (Sambil menantang balik)
Aziz : ”Saanah deh loe bilangin tuh !” (Dengan rasa kesal)
Abryan : ”Ry, panggil Babeh sekarang !” (Dengan anda tinggi)
Harry : ”Iye, tunggu bentar !”

Harry pun segera memanggil Babehnya.

Harry : ”Beh, sekarang keluar nyo beh !”
Hasbulloh : ”Ada ape si elu ? Teriak-teriak kagak jelas !”
Harry : “Itu beh, si Abang lagi ribut terus dimarahin sama orang !”
Hasbulloh : “Apelu kate ?? Abang lu DIMARAHIN sama orang ?!?!? Ya udah tunggu bentaar, gue mao ambil golok dulu. Macem-macem aje ada yang berani maraahin anak gue !!”

Merekapun segera menuju tempat dimana Abryan dan 2 orang tersebut berkelahi.

Hasbulloh : ”Eh... ngapain lu marahin anak gue ??? lu belum tau siapa gue, HAH ?”
Aziz : ”Yeh, anak lu tuh yang salah, maen bola sampe kena kapala pamajikan urang !”
Abryan : ”Lah beh, kagak sengaja aye juga. Namanye juga ,aen bola ! Heuh” (Sambil menjulurkan tangan kananya kepada 2 orang sunda tersebut)
Harry : ”Iye.. aye juga minta maaf ya ncing-ncang !”
Dhita : “Nuhun wee lah… !”
Hasbulloh : “BTW, lu pade mao ngapain ada di kampong gue ?” (Dengan rasa penasaran)
Dhita : “ Urang the arek nyari kontrakan di dieu. Aya teu ?”
Hasbulloh : “BUSET…. Kebetulan…. Aye kan juragan kontrakan di kampong ini !”
Aziz : “Nu bener bang ?”
Hasbulloh : “Lah bener… ayo dah langsung ajeh ke kontrakan aye !!” (Sambil mengajak 2 orang sunda tersebut)

Merekapun menuju rumah juragan kontrakan tersebut sesampainya di rumah.

Hasbulloh : “Asslamualaikum”
Aminaah : “Walaikumsalam… Siape nih bang ?!? RONGSOKAN lu bawa-bawa kerumah gue !!!” (Dengan nada jutek)
Hasbulloh : “HUSH… SEMBARANGAN lu kalo ngomong ! nih orang mao ngontrak di kontrakan kite !”
Aminah : “Oh… Yaudah dech. Lu pada masuk ajeh kedalem !”

Mereka semuapun masuk kedalam kontrakan tersebut dan kedua orang sunda tersebut segera membereskan kontrakan itu.

Beberapa hari kemudian di pagi-pagi yang buta tukang sayurpun datang dengan gerobak sayurnya.

Tukang Sayur : ”Sayur-sayur... Mpok sayur kagak ?” (Sambil teriak-teriak)
Aminah : ”Iye bentar dulu, nanggung nih gue !” (Sambil terburu-buru-buru untuk keluar ke rumah)
Tukang Sayur : ”Nanggung ngapain sii Mpok ?”
Aminah : ”Ah kagak... ni pagi ada sayuran apeh ? Neng sayur kagak lu ?”
Dhita : ”Iye mpok, bentar...”
Tukang Sayur : ”Siape ni Mpok ? Orang baru yeh ?”
Aminah : ” Iye, baru dateng kemaren dari Banduing !”
Tukang Sayur : ”Oh... Sayur neng ?”
Dhita : ”Iya bang ! Mpok beli sayuran apa ?”
Aminah : ”Akh biasa gue mah... kangkung, tempe ajah dah. Kan 4 SEHAT 5 SEMPURNA !”
Dhita : ”Ah si Mpok aya-aya wae lah ! Bang kalo gitu saya sayur asemna aja deh !”
Tukang Sayur : ”Oh.. ya udah neng. Nanti saya bungkusin !”
Dhita : ”Jadi sabaraha semuana ??”
Tukang Sayur : ”5.000 aja neng”
Dhita : ” Nih Bang (Sambil memberikan uang kepada tukang sayur). Ya udah makasih ya !? Mpok, saya duluan masuk rimah ya ?!”
Aminah : ”Iye deh, aye juga mau masuk nih !”
Tukang Sayur : ”Mpok aye mao ngider lagi deh !”
Aminah : “Iye deh Bang !”

Selang beberapa bulan kemudian, setelah orang sunda itu tinggal di desa Suka Goyang. Keadaan di desa tersebut menjadi sedikit ramai dan desa tersebut semakin terkenal di mata orang banyak. Sehingga datanglah penduduk baru dari Jawa Tengah.

Nia : “Gusti Allah, PANAS bener nih dina....”
Wahyu : “Sabar dek, sedelo meneh teka !!”
Nia : “Ah NGOMONG wae mas iki...”
Wahyu : “Uis toh dek, ojo ngomong bae !! Mas mumet ngerungoke !!”
Adit : “Uis-uis ojo guyonan wae...”
Wahyu : “Duh... gusti duwe anak ko koyo ngene erhen !”

Selagi keluarga besar Wahyu bercakap-cakap, ternyata sedari tadi Aminah telah memperhatikan mereka dibalik kaca jendela rumahnya.

Aminah : “Bang-bang kesini coba !”
Hasbulloh : “Ade ape sih min ? Tengari bolong teriak-teriak kesambet setan lu !”
Aminah : ”Ah si abang tengari bolong gini ngedongeng, SINI DULU. Noh liat kumpulan orang-orang warteg lagi pade diskusi !”
Hasbulloh : “Ah lo min, gue samperin ye !?”
Aminah : “Mao ngapain lu bang ?/”
Hasbulloh : “Yee.... kali jali aje rezeki abang ada disitu, sekalian numpang EKSIS !”
Aminah : “Ah elu Bang dah kaye selebritis ajeh !”

Tidak lama dari itu sampailah Hasbulloh ditengah-tengah keluarga Wahyu.

Hasbulloh : “Pade mao kemana ni rombongan ?”
Wahyu : “Wah iki loh mas. Kulaa karo konco-konco gole kos-kosan !”
Hasbulloh : ”Emang lagi pade dari maneh nii ceritanye ?”
Wahyu : ”Iki loh Mas. Kula adoh-adoh seko yogya teko keneh arep ngadu nasib !”
Hasbulloh : ” Wah hijrah nih ceritanye. Nyok ikut aye. Aye punye satu kamar lagi yang kosong !”
Nia : ”Beneran toh mas ? Wadoh pucuk di cinta ulam pun tibaa !!!”

Tidak lama dari itu, sampailah mereka didepan kontrakan milik Pak Hasbulloh.

Nova : “Ih alaa enggal kontrakannya pa !”
Wahyu : “ Hush.... nanti kita diusir, Bapa cape dari tadi ema mu ngomong terus.”
Hasbulloh : “Ehem... cume ini kontrakan yang kosong. Mau ambil, ga juge silahkan !! Aye juge kaga bakalan BLANGSAK !”
Wahyu : ”Weh.... becanda toh mas ! Yo uis koe cokot ! Makasih toh mas !”
Hasbulloh : ”Ya udeh, aye pergi dulu ye, seneng-seneng dech ame rumah baru kalian !”
Wahyu : ”Enggeh-enggeh....”

Setelah selesai keluarga Wahyu membereskan kontrakannya. Merekapun keluar rumah untuk bersilahturahmi kepada tetangg. Dan kebetulan keluarga Aziz sedang asyik ngobrol didepan teras rumah.

Waahyu : ”Misi mbak, mas.”
Aziz : ”Saha ieu ?”
Wahyu : ”Aku, boju karo anakku. Waru ngisi kontrakkan sini.”
Dhita : ”Asalna ti mana ieu teh ?”
Nia : “Aku dari Jawa Tengah. Mbak sendiri dari mana ?”
Dhita : “Saya dari bandung.”
Aziz : “Sok atuh, Silahturahmi ka imah juraggan kontrakan.”

Sesaat Aziz mengajak, semua pun terbangun dari tempat duduknya kerumahkeluarga Hasbulloh. Sesampainya di depan pintu terdengarpun suara ribut yang berasal dari rumah Pak Hasbulloh.

Aminah : “Bang, APA-APAAN sih lu setiap ada yang mau ngontrak, lu selalu sendiri kaga pernah kompromi dulu sama ye ?”
Hasbulloh : “Harusnya tuh lu bersyukur, ade yang mau ngontrak disini. Pan lu mah perempuan urursannya di dapur. Jadi tinggal namparin duit aje.”
Aminah : “Apa-apa si lu bang, kok lu jadi ngomongin dapur !! Gue juga berhak atas adanye ni kontrakan. Pan kalo yang ngontrak kagak bener bagaimana bang ? ntar khan juga yang ribet !”
Hasbulloh : “Udeh nape jangan kenceng-kenceng ngomongnya. Kan kagak enak kedengeran tetangga !”

Sesaat Hasbulloh pun berbicara begitu. Hasbulloh pun sadar. Bahwa dari tadi keluarga Wahyu & Aziz tidak sengaja mendengar pembicaraan mereka. Keluarga Hasbullohpun keluar.

Hasbulloh : ”Dari kapan lu disitu ?”
Dhita : ”Baru bang. Nih, Tetangga baru kita minta di anter ke sini. Katanya sih mau silahturahmi dan teu sengaja abdi sadaya ngadenger pembicaraan abang sama Mpok mineh.”
Aminah : “Asalamualaikum napeh ke rumah orang, nguping bae lu, pan kagak sopan !”
Hasbulloh : “Lu apaan sih ? Orang pada kesini mau silahturahmi malah lu marahin !”
Dhita : ”Udah bang, maaf kalo kedatangan keluarga saya sama keluarga Wahyu udah ngontrak disini. Saya ngewakilin semua buat minta maaf.”
Hasbulloh : ”Bentar ye semuanye.”

Tiba-tiba Hasbulloh menarik Aminah untuk membicarakan sesuatu.

Hasbulloh : ” Lu apa-apaan sih marah di depan semuanya ? Malu-maluin aja.
Aminah : ”Lagian si Abang pan yang duluan. Kagak pernah kompromi sama aye.”
Hasbulloh : ”Iye-iye aye yang salah pertama. Aye kagak kompromi sama elu min ? Maafin abanf ye ?”
Aminah : ”Ya udah iye.”
Hasbulloh : ”Ya udah kita keluar. Kagak enak ma yang lain.

Hasbulloh dan Aminah pun keluar menemui mereka semua.

Hasbulloh : ”Sebelumnya maafin kelakuan bini aye ye ? Seenaknya ma lu lu pade ?”
Wahyu : ”Yo wes ora opo-opo Mas, Mbak.”
Aziz : “Yauda-uda gak usah diperpanjang.”

Walaupun kita berbeda suku bangsa, ras, ataupun adat-istiaat tapi kita harus saling menghormati.

T-A-M-A-T

Komentar

Postingan Populer