Teks Drama Bagian 5

Tumbal

Di sebuah rumah didesa sukasusuk, tinggal sepasang suami-istri yang bernama Mpok Rohaya dan Ncang Deni telah lama menikah namun belum di karuniai seorang anak. Ketika sedang asik bersolek, sang suami dating…

Babeh : “Nyak, ngilu jeung akang yu ?!” (Sambil narik tangan Enyak)
Enyak : “Kemana bang ? Aye belum cantik bang !”

Sesampainya di tempat dukun…..

Dukun : “Ade ape nih ?”
Babeh : “Iya, aye mau minta tolong. Pan aye ame Istri aye belum punya anak, jadi aye mau minta anak”
Enyak : “Eh bamg. Aye ga suka ye abang kaya gini, musrik bang, musrik !” (Lalu sang istri perfi befitu saja)
Dukun : “Lha gak jadi nih ? Semprul !”

Beberapa hari kemudian… sedang asyik-asyiknya sang istri bersolek, sang suami dating dengan muka semrawut.

Babeh : “Nyak ! Kenape sih kerjanya dandan mulu ? Kaga ada kerjaan laen apa ?”
Enyak : “Ape si bang ? Dateng-dateng marah-marah ma aye ? Salah kiublat ape ye ?”
Babeh : “Eh nyak ! Nyadar dong, nyak tuh cume bisa dandan. Ga Pernah beberes rumah, masak, sampe ga ngelayanin aye !”
Enyak : “Oh… jadi babeh kira aye nnih pembantu ?”

Babeh dan Enyak pun bertengkar. Pertengkaran itu membuat nyak feram dan memutuskan minggat dari rumah dan pergi ke kota

Ditempat lain, yaitu di rumah Babeg termenung sendiri meratapi kepergian Enyak. Tiba-tiba…..

Peri Unyil : “Eh semua, kenalin aye nih Peri Unyil, biarpun Unyil kan aye cantik….”
Peri Sexy : “Ck. Woy aye nih Peri Sexy, ada yang mau kenal aye ga ? Nyesel loh kalian semua para lelaki ga mau kenal !”
Peri Montok : (Menyingkirkan kedua temannya) “Minggir aye nih Peri Montok, biangnya peri kalau butuh gue sebut nama gue 3 kali Oceh ?”
Peri Sexy : (Dengan wajah mengejek) “Ish ada engkong… samperin nyok ?”
Semua Peri : (Mengikuti Peri Sexy) “ Nyok !!!”

Lalu mereka menghampiri engkong tersebut dengan sombongnya

Peri Montok : “Eh Enkong, Kenape ?”
Babeh : “Hhh…. Aye kesepian nih, istri aye ninggalin aye. Anak ga punya. Nasiiiiiiib nasiiiiiiiib !”
Peri Sexy : “Hem…. Aye bisa kasih engkong anak, gimane ? mau gak ?”
Babeh : (dengan kagetnya) “Ape ? Mau deh, biar aye ga kesepian gituh”
Peri Unyil : “Oke, tunggu”
Babeh : “Hangan kelamaan yeuh, udah gak nahan nih !!”

Beberapa bulan kemudian….

Emprut : “Beh laper…..”
Emprat : “Baju aye yang saban hari mana ? aye pake nih… mana beh ?”
Emprit : “Bafi duit napah beh ? Pengen jajan nih…”
Babeh : “Heh ! Diem lu semue !”

(Waktupun di hentikan)

Babeh : “Eeh… penonton padaan belum kenal yeuh ama anak-anak aye yang di kasih ama peri ? Nih yang pojok namenye Emprat. Nah yang tengah namanye Emprit. Yang ini nih anak kebanggaan aye, Namanya Emprut !”

(Waktu di lanjutkan)

Emprit : “Beh, kok kite ga pernah ngeliat enyak ya ?”
Semua anak : “Iyeh beh, enyak kemane ?”
Babeh : “Emph… Ewh… an eke….. Babeh bingung gimana ceritanye….”
Empra : “Ayo beh cerita, kite pengen tau ???”
Babeh : “Sebenarnye enyak tuh perfi ke kota, ninggalin Babeh sebelum kalian ada.”

Emprutpun langsung meninggalkan mereka

Babeh : ”Prut, mau kemana lu ?”

Setelah mendengar cerita dari Babeh , si Emprut berencana perfi ke kota untuk mencari Emak.

Emprut : “Beh aye mau ke kota yah nyari Enyak ?”
Babeh : (Dengan terkejut) “Apah !?”
Emprut : “Tenang beh, aye ga akan kemana-mana dan aye bakalan balin lagi kok, percaya deh.”
Babeh : “Ya udeh babeh percaya dah. Semoga lu selamet nyampe pulang lagi kemari.”

Di kota, si Emprut kesasar di sebuah taman. Ditempat yang sama, sienyak yang punya nama tenar Aliya sedang refreshing.

Ketika sedang berjalan merekapun bertabrakan. Satu sama lain saling terpesona. Awal kisah cinta berawal dari sini…

Emprut : (Dengan nada merayu dan menjulurkan tangannya) “Hi, begitu indah parasmu, bolehkah aku mengenalmu ?”
Aliya : (Sambil senyum-senyum dan menjabat tangan Emprut) “ Hmmm… boleh namaku Aliya. Namamu siapa ?”
Emprut : “Namaku…. Leonardo Emprut Caprio.”

Setelah mereka berkenalan, mereka semakin dekat dan Emprut mempunyai suatu rencana, lalu Emprut pun mengajak Aliya ke taman tempat mereka pertama kali bertemu.

Aliya : “Ada apa sih kita kemari ?”
Emprut : (Sambil memegang tangannya) “ Sebenarnya aye mau ngomong sesuatu, aye cinta sama Aliya. Aliya mau gak jadi pacar abang ?”
Aliya : “Iya, aku mau jadi pacar abang.”
Emprut : (Lalu memasangkan cincin di jari Aliya) “Kalau begitu besok aye mau kenalin sama Babeh aye di kampong. Oke ??”
Aliya : (Tersenyum bahagia sambil ngangguk-ngangguk)

Keesokan harinya ketika mereka sampai di Kampung.

Emprut : “Assalamualaikum beh !”
Babeh : “Wa’alaikumsalam, (dengan terkejut) kamu !”
Aliya : (dengan wajah terkejut) “Abang !”
Babeh : (Menghampiri dan menggenggam tangannya) “Rohaye, elu pulang ? Ini anak kite Rohaye….”

Lalu peri-peri bermunculan…..

Peri Unyil : “You ! You ! (Tunjuk ke Rohaye) Udah ngelanggar perjanjian kite !”
Peri Sexy : “Iye, dasar pengkhianat !”
Emprit : “Nih nih, ada ape sih ? Aye kagak ngarti maksudnye.”
Peri Montok : “Nih ye dengerin lo semuanye ! Nih si Rohaya udah numbalin anak-anak lo waktu masih di kandungan. Itu biar si Rohaya tetep cantik dan awet muda. Dengan syarat dia ga boleh jatuh cinta sama lelaki brondong.”
Dukun : “Ya udeh, kite bawa aje si Rohaye, buat jadi tumbal kite !”

Akhirnya terjadi saling tarik-menarik, di kubu sebelah kiri Babeh dan anak-anaknya menarik Rohaya agar tidak dibawa pergi. Di kubu sebrang terdapat Per-peri dan Dukun yang ingin membawa Rohaya pergi.

Peri Sexy : “Eh lepasin si Rohaya. Dia harus jadi tumbal kite !”
Babeh : “Jangan….. aye cinta Rohaya.”
Emprat : “Iye, kita ga mau nyak pergi.”
Peri Montok : “Ya udeh, kita lepasin aja si Rohaya, tapi karena lo udah ngelanggar janji, wajah catik lo itu akan berubah jadi keriput dan kusam !”
Dukun : “Yok kite pergi aje !”

Akhirnya para peripun pergi…

Beberapa hari kemudian, di rumah keluarga si Emprut.

Babeh : “Nyak, babeh seneng kite bisa kumpul lagi sama anak-anak kite.”
Enyak : “Iye beh, maafin enyak ya beh, Enyak udeh salah.”
Babeh : “Iye ga apa-apa, aye pan cinta ame Nyak !”

Tak berapa lama, anak-anak mereka dating menyambut hangatnya keluarga baru mereka.

Akhirnya keluarga si Emprut pun kembali bersama. Walaupun sang ibu tak cantik dan terlihat muda, tapi sang babeh tetap mau menerima apa adanya. Dan merekapun hidup bahagia selamanya.

Komentar

Postingan Populer