Situs Kamus Bahasa Sunda-Indonesia dan Indonesia-Sunda Online

Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa dituturkan oleh sekitar 27 juta orang dan merupakan bahasa dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa. Sesuai dengan sejarah kebudayaannya, bahasa Sunda dituturkan di provinsi Banten khususnya di kawasan selatan provinsi tersebut, sebagian besar wilayah Jawa Barat (kecuali kawasan pantura yang merupakan daerah tujuan urbanisasi di mana penutur bahasa ini semakin berkurang), dan melebar hingga batas Kali Pemali (Cipamali) di wilayah Brebes, Jawa Tengah.

Namun, tidak semua masyarakat dapat memahami bahasa sunda secara keseluruhan dikarenakan banyak orang yang tinggal di daerah sunda namun bukan merupakan orang khas sunda. Seperti contoh saja, kebanyakan orang jawa menetap di daerah sunda dikarenakan karena sesuatu hal seperti mencari pekerjaan, mencari rumah, atau lain sebagainya. Ketika sedang berkomunikasi dengan orang sunda dengan menggunakan bahasa sunda tentu saja orang tersebut tidak tahu apa yang dia ucapkan. Terutama juga, kebanyakan di daerah sunda ini banyak sekali sekolah yang menyediakan pelajaran bahasa sunda agar mereka dapat memahami bahasa-bahasa sunda. Seorang pelajar dapat menguasai bahasa sunda dari SD hingga SMA sampai dengan mereka mempergunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Anehnya, tidak semua orang dapat menguasai bahasa sunda terutama pelajar apalagi saat mereka berada di tingkat SMA. Sungguh di sayangkan, banyak sekali pelajar menganggap remeh pelajaran bahasa sunda hingga menganggap pelajaran itu sulit bagi mereka pelajari karena tingkat kesulitan yang begitu tinggi saat mereka mempelajari pelajaran tersebut. Jika sistem pembelajaran bahasa sunda di sekolah terutama pada tingkat SD dibuat mudah dan dapat dipahami hingga mereka mampu berbahasa sunda maka pelajaran bahasa sunda dianggap mudah bagi mereka. Murid juga dapat memahami dan mempelajari bahasa sunda dengan mudah jika guru atau media yang digunakan menggunakan dwibahasa antara sunda dengan Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mengetahui sekaligus mempelajari kosakata bahasa sunda dari bahasa sunda ke indonesia ataupun dari indonesia ke sunda dapat kalian kunjungi di situs yang sudah saya berikan. Inilah situs translate atau terjemahan atau kamus bahasa sunda-indonesia atau indonesia-sunda.

- http://www.kamusbahasasunda.com/

Situs itu merupakan situs terjamahan kosakata bahasa sunda dari sunda ke indonesia maupun indonesia ke sunda. Hanya kosakata yang diterjemahkan, jadi kalian tinggal masukan salah satu kata sunda ataupun indonesia yang mau di translate ke box text maka denagn otomatis akan diterjemahkan denagn sendirinya. Kalian juga bisa mengubah dari sunda ke indonesia atau sebaliknya denagn mengeklik tombol panah di antara tulisan sunda dan indonesia itu. Jika terjemahan otomatis tidak muncul, kalian bisa menekan tombol enter pada box text.

- http://tarjamah.sabilulungan.org/

Situs ini merupakan situs terjemahan bahasa sunda dari indonesia ke sunda saja. Terjemahan ini bisa meliputi terjemahan kata, kalimat, maupun paragraf. Bisa juga menterjemahkan situs berbahasa indonesia ke dalam bahasa sunda. Caranya, tinggal masukan tautan ke dalam box text yang bertuliskan "http://" kemudian klik Kintun maka situs berbahasa indonesia akan berubah menjadi situs bahasa sunda. Begitupun jika kalian ingin menerjemahkan kata, kalimat, atau paragraf dari indonesia ke sunda. Anda tinggal klik kintun maka anda dapat melihat hasil terjemahannya.

Komentar

Postingan Populer