Kunci Jawaban Essay Imtihan Bab 12 Buku Paket PAI Lentera Kehidupan Kelas XII SMA

Kunci Jawaban Essay Buku Paket Pendidikan Agama Islam 3 Lentera Kehidupan SMA Kelas XII Penerbit Yudhistira Halaman 179.




1.      Jelaskan dengan singkat perkembangan islam di spanyol.! 
Jawaban: pada jaman khalifah Al Qalid (705-715 M), salah seorang kholifah dari bani Umayyah yang berpusat di Damaskus,telah sukse memperkenalkan islam di sepanyol,bahkan pengaruh nya telah menguasai Afrika Utara. Penguasa sepenuh nya atas Afrika Utara itu terjadi di masa khalifah abdul malik (685-705 M) yang mengangkat Hasan ibnu Nu’man Al Gassani menjadi gubernur di daerah itu. 

2.     Jelaskan yang dimaksud dengan khalifah.! 
Jawaban: Khalifahadalah gelar yang diberikan untuk pemimpin umat islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW (570–632). Kata "Khalifah" (خليفةKhalīfah) sendiri dapat diterjemahkan sebagai "pengganti" atau "perwakilan". Pada awal keberadaannya, para pemimpin islam ini menyebut diri mereka sebagai "Khalifat Allah", yang berarti perwakilan Allah (Tuhan). 

3.     Jelaskanlah pengaruh dan kekuasaan Islam pada priode 6 kerajaan.! 
Jawaban: Priode keenam (1248-1492 M), dimana pengaruh dan kekuasaan Islam hanya ada di daerah Granada di bawah dinasti bani Ahmar 1432-1492 M. 

4.    Jelaskanlah alasan Abu Abdulah Muhammad konflik dengan ayahnya pada masa Islam di Spanyol pada Priode 6.! 
Jawaban: Abu Abdullah Muhammad merasa tidak senang kepada ayahnya karena menunjuk anaknya yang lain sebagai penggantinya menjadi raja. Dia memberontak dan berusaha merampas kekuasaan. Dalam pemberontakan itu, ayahnya terbunuh dan digantikan oleh Muhammad ibn Sa’ad. Abu Abdullah kemudian meminta bantuan kepada Ferdenand dan Isabella untuk menjatuhkannya. Dua penguasa Kristen ini dapat mengalahkan penguasa yang sah dan Abu Abdullah naik tahta.

5.     Sebutkanlah dua pilihan Umat Isalm di Spanyol setelah berakhirnya pemerintahan Islam.! 
Jawaban: Dua pilihan yang di berikan bagi Umat Islam di spanyol waktu itu,yaitu meninggalkan Spanyol atau beralih Agama (selain Islam) sehingga pada tahun 1690 M,bisa dikatakan tidak ada lagi Umat Islam di Spanyol. 

6.    Sebutkanlah lima kemajuan yang dicapai oleh kerajaan Islam pada masa dinasti Mamalik.! 
Jawaban: kemajuan-kemajuan yang di peroleh antara lain 
1.     Dalam bidang pemerintahan, kemenangan dinasti Mamalik atas tentara Mongol di 'Ayn al-Jalut menjadi modal besar untuk menguasai daerah-daerah sekitarnya. Banyak penguasa-penguasa dinasti kecil menyatakan setia kepada kerajaan ini. 
2.     Banyak penguasa-penguasa dinasti kecil menyatakan setia kepada kerajaan ini. Untuk menjalankan pemerintahan di dalam negeri, Baybars mengangkat kelompok militer sebagai elit politik. Disamping itu, untuk memperoleh simpati dari kerajaan-kerajaan Islam lainnya, Baybars membaiat keturunan Bani Abbas yang berhasil meloloskan diri dari serangan bangsa Mongol, al-Mustanshir sebagai khalifah. 
3.     Dalam bidang ekonomi, dinasti Mamalik membuka hubungan dagang dengan Perancis dan Italia melalui perluasan jalur perdagangan yang sudah dirintis oleh dinasti Fathimiyah di Mesir sebelumnya. 
4.    Di bidang ilmu pengetahuan, Mesir menjadi tempat pelarian ilmuwan-ilmuwan asal Baghdad dari serangan tentara Mongol.ilmu-ilmu banyak berkembang di Mesir, 
5.     seperti sejarah, kedokteran, astronomi, matematika, dan ilmu agama. 
6.    Dalam ilmu sejarah tercatat nama-nama besar, seperti Ibn Khalikan, Ibn Taghribardi, dan Ibn Khaldun. Daulah Mamalik juga banyak mengalami kemajuan di bidang arsitektur.Bangunan-bangunan lain yang didirikan pada masa ini diantaranya adalah rumah sakit, museum, perpustakaan, villa-villa, kubah dan menara masjid. 

7.     Apakah yang dimaksud denagan tasawuf dan zuhud.! 
Jawaban: 
a)    Didalam kitab yang mulia Al Qur’anur Karim ada beberapa ayat yang mengindikasikan perintah untuk berzuhud, antara lain : “Katakanlah: ‘Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa,’” (QS 004 : 77) dan ‘(kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. (QS 057 : 23) 
b)    Arti tasawuf dalam agama ialah memperdalam ke arah bagian rohaniah, ubudiah, dan perhatiannya tercurah seputarpermasalahan itu. Agama-agama di dunia ini banyak sekali yangmenganutberbagai macam tasawuf, di antaranya ada sebagian orang India yang amat fakir. 

8.    Mengapa pemikiran jabariah dapat menghambat kemajuan islam.? 
Jawaban: paham Jabariah dimunculkan pertama kali oleh al-Ja’d Ibn Dirham, tetapi yang menyiarkan ajaran ini adalah al-Jahm bin Safwan (w. 127 H/745 M). al-Jahm bin Safwan menggambarkan kehendak bebas ini dengan berpendapat, sebagaimana dikutip oleh al-Syahrastani,  
“Manusia tidak mampu melakukan sesuatu dan memang tidak bisa disebut mampu. Sebaliknya, di dalam segala aktivitasnya, ia terpaksa karena ia tidak mempunyai kemampuan, kehendak dan kebebasan. Pahala, siksa dan kewajiban merupakan keterpaksaan seperti semua perbuatan.” 

9.    Jelaskanlah tentang kemajuan fisik dan seni pada masa kerajaan safawi di persia.! 
Jawaban : 
a)    Bidang ekonomi antara lain di tandai setelah kepulauan Harmuz menyatakan islam, jalur dagang laut antara timur dan barat menjadi milik kerajaan safawi,sektor pertanian mengalami kemajuan terutama  daerah bulan sabit subur (fontile crescent), sektor perdagangan menjadi ramai dan maju pesat. 
b)    Bidang ilmu pengetahuan, antara lain tradisi keilmuan terus berlanjut, di istana senantiasa diselenggarakan majelis. 
c)    Beidang pembangunan fisik dan seni antara lain berhasil menciptakan isfahan, Ibukota kerajaan menjadi kota yang sangat indah dan berdiri bangunan besar seperti masjid, rumah sakit, sekolah, jembatan raksasa di atas Zende Rud dan istana Chilil Sutun, Masjid Syah dibangun 1611 M, Masjid Syekh Lutf Allah di bangun tahun 1603 dan mulai dirintisnya seni lukis sejak zaman Tahmasp 1 (Raja Ismail 1). Pada tahun 1522 M, muncul pelukis-pelukis tersohor bernama Bizhad.  DSMLMD BLOG

10.  Jelaskan yang dimaksud taj mahal.! 
Jawaban: Taj Mahal di Agra. Shah Jahan membangunnya sebagai mausoleum untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal. 

11.   Sebutkanlah raja-raja besar sesudah dinasti mughal.! 
Jawaban: 
a)    Kerajaan Mughal didirikan oleh Zahirud bin Babur (1482-1530) salah satu ketrunan timur lenk yang kemudian menjadi islam. 
b)    (1605-167 M), Jehanqir 
c)    (1628-1707 M), Syah Jehar 
d)    (1659-1707 M), Aurangzeb 

12.   Apakah yang dimaksud dengan taklid.? 
Jawaban: taklid berasal dari kata qallada-yuqallidu-taqlidan, arti asalnya adalah menggantungkan kalung pada leher seseorang. Bila kata itu dikaitkan dengan kata al-amr, maka menjadi qalladahu al-amrartinya adalah menyerahkan atau mempercayakan (al-Munawwir, 1984: 1234). 

13.   Sebutkan tiga manfaat yang dapat di ambil dalam kejayaan Spanyol, dinasti mamalik, dan tiga kerajaan Islam. 
Jawaban: 
a)    Perbedaan paham atau aliran umat islam di dunia ternyata sangat banyak .apbila hal itu diwarnai oleh toleransi, maka yag terjadi adalah kemajuan dan kehidupan yang damai. Akan tetapi apabila perbedaan itu dipertentangkan atau diperselisihkan, maka yang terjadi adalah kemunduran. 
b)    Memberikan motivasi untuk melestarikan hasil karya seni dan peradaban untuk di jadikan bangunan-bangunan masa depan. 
c)    Perselisihan dan tidak percaya terhadap sesama ternyata membawa kemunduran dalam kehidupan, khususnya berfikir. 

14.  Sebutkan nama  masjid yang megah pada masa kerajaan sawafi di persia.! 
Jawaban: masjid syah, masjid syekh luth Allah, 

15.   Tuliskan ayat berikut terjemah QS Fatir Ayat 39 dan Al An’am ayat 165.! 
Jawaban: 

هُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ فِي الْأَرْضِ فَمَن كَفَرَ فَعَلَيْهِ كُفْرُهُ وَلَا يَزِيدُ الْكَافِرِينَ كُفْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ إِلَّا مَقْتاً وَلَا يَزِيدُ الْكَافِرِينَ كُفْرُهُمْ إِلَّا خَسَاراً    
35.39. Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barangsiapa yang kafir, maka (akibat) kekafirannya menimpa dirinya sendiri. Dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka.
(QS.FATIR 35:39)
وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلاَئِفَ الأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ   

6.165. Dan Dia lah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.AL AN’AM 6:165)

Komentar

Postingan Populer