Situs Kamus Bahasa Jawa-Indonesia dan Indonesia-Jawa Online

Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa Jawa di Jawa Tengah,Yogyakarta & Jawa Timur. Selain itu, Bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal beberapa daerah lain seperti di Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Pantai utara terbentang dari pesisir utara Karawang, Subang, Indramayu, kota Cirebon dan kabupaten Cirebon.




Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari sering sekali digunakan. Baik dalam berumahtangga maupun dalam aktivitas sehari-hari. Sejak mereka lahir, mereka terlebih dahulu membiasakan diri dengan menggunakan bahasa jawa sebelum membiasakan diri dengan bahasa indonesia sebagai bahasa resmi di tanah air. Hal ini bertujuan agar budaya keseharian mereka dalam komunikasi tidak hilang dan menghormati budaya yang mereka anut selama ini. Tak heran jika berkunjung ke daerah tersebut semua orang berkomunikasi dengan bahasa jawa.

Namun, hal tersebut sangat berkendala bagi orang yang terlahir di daerah lain selain itu namun kedua orang tua mereka berasal dari budaya jawa. Terkadang kita jarang sekali diajarkan bahasa daerah budaya kita karena kita harus menguasai bahasa resmi bahasa indonesia terlebih dahulu agar lebih formal dan komunikatif, bahkan memang orang tua kita tidak sempat mengajarkan kita. Itulah sebabnya, sebagian besar ada orang yang berasal dari budaya jawa namun tidak bisa bahasa jawa.

Untuk itu, diwajibkan bagi kita semua untuk mengembangkan dan mempertahankan budaya bahasa kita dalam penggunaan komunikasi sehari-hari agar bahasa budaya atau bahasa daerah tidak punah.
 
Bagi kalian yang ingin mencari situs kamus bahasa jawa-indonesia online atau kamus bahasa indonesia-jawa online. Aku menemukan beberapa situs yang bisa kalian kunjungi untuk menerjamahkan bahasa, kalimat, atau kata yang kalian inginkan.

1. Kamus Jowo -> http://kamusjowo.com/kamus/

Kamus Jowo merupakan situs penerjemah dari indonesia ke jawa. Kalian bisa menerjemahkan kata dari bahasa indonesia ke kata bahasa jawa. Walaupun tidak semuanya lengkap, tapi jika kalian ingin menambahkan kata yang tidak ada di situs itu. Kalian bisa menambahkan dengan klik tambah kata pada halaman itu (halaman paling bawah). Kalian bisa isi kata bahasa indonesia yang ingin kalian isikan lalu ditambah arti kata bahasa jawa pada kotak Jawa kromo, Krama madya, dan Krama inggil. Serta berikan contoh kalimatnya untuk memperjelas terjemahan yang dimaksud. Jika sudah diisi, tinggal klik tanda panah atau tombol yang ada di halaman itu. DSMLMD BLOG

N.B : Jika tidak ada bentuk tembungnya, bisa kalian isi di Jawa Kromo. Atau bisa diisi di kotak Jawa kromo, Krama madya, dan Krama inggil.

2. Kamus UGM -> http://kamus.ugm.ac.id/jowo.php

Kamus UGM ini adalah situs terjemahan yang dibuat oleh Universitas Gadjah Mada, kamus ini bisa menerjemahkan kata dari bahasa indonesia ke bahasa jawa dan kata dari bahasa jawa ke bahasa indonesia. Disitus itu juga terdapat tab dimana kalian bisa menerjemahkan kata dari bahasa indonesia ke bahasa inggris atau ke bahasa belanda dan sebaliknya. Walau tidak terlalu lengkap, tapi ada beberapa contoh kata yang bermanfaat untuk menggunakan kata yang bersangkutan.

3.Kamus Jawa -> http://kamusjawa.info/

Kamus Jawa ini adalah situs terjemahan yang sepertinya mirip dengan situs iklan pada umumnya. Tapi kalian bisa menerjemahkan kata dari bahasa inggris ke bahasa jawa, bahasa indonesia ke bahasa jawa. Adapun kata dari bahasa jawa krama ke bahasa jawa ngoko. Dan yang paling uniknya ada terjemahan kata dari bahasa jawa ngoko ke bahasa inggris. Walau sama seperti kamus UGM tapi banyak sekali terjemahan dalam satu kata.

4. Wiktionary -> http://id.wiktionary.org/wiki/Kamus_Bahasa_Indonesia_-_Bahasa_jawa

Wiktionary adalah situs kamus yang bisa dikatakan sebagai situs only read and search saja. Situs ini serupa dengan Wikipedia. Kamu ini hanya menyediakan kata dari bahasa indonesia ke bahasa jawa. Jadi jika kalian ingin mencari kata yang ingin diterjemahkan, tekan tombol CTRL+F lalu pada kotak search di window browsing kalian ketik kata yang ingin dicari. Maka kalian akan menemukan kata yang ingin kalian cari itu. Situs ini sama halnya kalian membeli kamus bahasa jawa-indonesia atau sebaliknya tapi kalian tak perlu membelinya kalian sudah bermodalkan dengan situs ini.

5. (NEW) Monggosilakan --> http://mongosilakan.net/translatorjawa/

Monggosilakan merupakan situs terjemahan bahasa jawa dan sebaliknya yang paling sering dibutuhkan saat ini. Situs ini semirip dengan google translate namun yang menjadi nilai positif dari situs ini adalah terjemahan bisa dari bahasa indonesia ke bahasa jawa dalam tiga tingkatan yang kita inginkan bahkan sebaliknya. Sangat baik dan cocok bagi yang mencoba berkomunikasi masyarakat jawa baik dari yang kasar hingga yang halusnya. Situs ini juga bisa menerjemahkan kata yang lebih dari satu atau bisa menerjemahkan sebuah kalimat dan paragraf. Adapun menerjemahkan sebuah kata. Sehingga kita juga bisa mengetahui kata yang kita ketik tersebut apakah kata dalam bahasa indonesia, bahasa jawa ngoko, bahasa jawa krama, ataukah bahasa jawa inggil. Ya.. inilah situs yang sebenarnya paling dicari oleh semua orang karena kemudahan dan kelancaran untuk menerjemahkan bahasa jawa ngoko, bahasa jawa inggil, ataukah bahasa jawa krama ke bahasa indonesia dan sebaliknya. Bahkan kalian bisa menerjemahkan dari bahasa jawa tingkat lain ke bahasa jawa tingkat yang lainnya.

Komentar

Postingan Populer