Kelebihan dan Kekurangan Software R


R adalah suatu kesatuan software yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas untuk manipulasi, perhitungan dan penampilan grafik yang handal. R merupakan “kerabat” dekat dari S-PLUS dimana secara fungsi dan sintaks/tata bahasa sama-sama menggunakan bahasa S, namun tidak identik. R dapat berinteraksi dengan program statisik, manipulasi, perhitungan dan penampilan grafik lainnnya, seperti SPSS, yang cukup popular, Microsoft Excell dengan menyediakan fasilitas import dan eksport data. Selain software di atas, R dapat melakukan import file dari software lainnya seperti, Minitab, SAS, Stat, Systat dan EpInfo. R adalah bahasa fungsional1, dimana terdapat inti bahasa yang menggunakan bentuk standar notasi aljabar, yang memungkinkan perhitungan numerik seperti 2+3, atau 3^11. Selain itu tersedia pula fasilitas perhitungan dengan menggunakan fungsi. Dengan beberapa fitur tersebut, R menjadi alat yang tangguh bagi para statistikawan, ahli ekonomi, peneliti dalam membantu risetnya, dikarenakan R dibangun dan didukung dengan model dan teori statistik terdepan dan menggunakan standar tertinggi bagi analisis data. R hampir dapat digunakan untuk berbagai bidang, mulai dari kalkulasi biasa (seperti kalkulator), statistik, ekonometri, geografi, hingga pemrograman komputer.




Dalam postingan kali ini, aku sedikit membahas beberapa point penting mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan software R. Adapun kelebihan dan kekurangnnya adalah sebagai berikut:

Kelebihan:
1. Efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan. Ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
2. Lengkap dalam operator perhitungan array.
3. Lengkap dan terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data, diantaranya, mulai statistik deskriptif, fungsi probabilitas, berbagai macam uji statistik, hingga time series.
4. Tampilan grafik yang menarik dan fleksibel ataupun costumized.
5. Dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan dan sifatnya yang terbuka, setiap orang dapat menambahkan fitur-fitur tambahan dalam bentuk paket ke dalam software R.

Kekurangan:
1. Terlalu banyak command
2. Output yang tidak standard
3. Fungsi yang "menyesatkan" atau nama-nama parameter (data =, sort, if)
4. Pengendalian variabel yang tidak rapih
5. Kemungkinan besar terjadi loop
6. Fungsi-fungsinya berjalan berdasarkan prosedur
7. Cara untuk penamaan dan menggantikan nama variabel sangat rumit
8. Tidak memiliki kemampuan untuk menganalisa multivariabel
9. Memiliki kemampuan yang rendah untuk memilih himpunan variabel
10. Terlalu banyak kompleksitas
11. Kurangnya GUI (Graphical Users Interface)

Komentar

Postingan Populer