Cara Mengecek Apakah Situs Sedang Down atau Telah Diblokir

Dalam postingan kali ini, saya akan memberitahukan cara untuk mengecek apakah situs yang kita kunjungi sedang down atau telah diblokir. Terkadang kita merasa aneh pada saat kita mengunjungi sebuah situs namun tidak menuju ke tampilan situs yang diinginkan, melainkan seperti Problem Loading Error, loading yang belum selesai sampai beberapa jam, hingga tidak terdapat tampilan sama sekali

Untuk mengetahui apakah situs terebut sedang down (maintenance) atau telah diblokir. Ada cara yang bisa dilakukan. Pertama kunjungi situs berikut ini:

nama_situs.isdownorblocked.com

nama_situs ganti dengan nama situs yang ingin dicek status down atau blokirnya. Misalkan www.facebook.com.isdownorblocked.com, kemudian enter di address bar maka dapat dilihat status situs tersebut apakah sedang down (maintenance), telah diblokir, atau masih ada. Beberapa contoh lainnya misalkan pada blogku sendiri

dsmlmdblog.blogspot.com.isdownorblocked.com

Maka tertampil seperti pada gambar berikut:


Artinya, situs dsmlmdblog.blogspot.com tersedia dan dapat dibuka dengan normal sebagai catatan bahwa jika kita tidak bisa akses situs tersebut maka ada beberapa hal yang dilakukan agar bisa tersambung ke situs itu.

Contoh lainnya situs www.semboyan35.com:

www.semboyan35.com.isdownorblocked.com

Maka tertampil seperti pada gambar berikut:






Artinya, situs www.semboyan35.com sedang down atau maintenance. Sehingga kita perlu menunggu sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Terkadang, apabila kita menggunakan device untuk internetan mengunjungi suatu situs namun saat kita membuka situs tidak bisa diakses karena diblokir tapi ketika menggunakan device yang lain untuk internetan mengunjungi situs tersebut masih bisa dibuka ada kemungkinan IP Address kita diblokir.

Untuk mengetahui hal ini bisa buka situs http://cloudmonitor.ca.com/en/ping.php. Situs tersebut berguna untuk mengetahui status suatu situs apakah down atau tidak dari banyak negara. Sebagai salah satunya saya ambil dari situs dsmlmdblog.blogspot.com. Dengan memasukkan dsmlmdblog.blogspot.com ke dalam text box disamping kiri tulisan "(e.g. www.yahoo.com)" maka dengan menekan tombol "start" akan tampil seperti gambar berikut:



Contoh lain saya ambil dari situs www.semboyan35.com. Dengan memasukkan www.semboyan35.com ke dalam text box disamping kiri tulisan "(e.g. www.yahoo.com)" maka dengan menekan tombol "start" akan tampil seperti gambar berikut:



Jika pada result menghasilkan "Okay" maka negara tersebut dapat mengakses situs tersebut, namun apabila pada result menghasilkan "Packets Lost (###%)" maka negara tersebut tidak dapat mengakses situs tersebut dikarenakan situs tersebut sedang down atau maintenance, atau sulit terkoneksi ke situs tersebut di negara itu.


Demikian postingan saya tentang cara mengecek apakah situs sedang down (maintenance) atau telah diblokir. Semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon dikomentari dan insya Allah segera ditambahkan. Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer