Cara ke Sadang Terminal Square (STS) dengan Naik Kereta Api

Sadang Terminal Square (STS) merupakan mall yang terletak di wilayah Sadang, Kabupaten Purwakarta. Satu-satunya mall yang ada di sekitaran Purwakarta. Bukan berarti hanya ada satu tempat pembelanjaan ditempat itu. Melainkan ada yang lainnya. Dalam postingan ini, saya hanya menjelaskan cara-cara ke Sadang Terminal Square (STS) dengan naik kereta api. Berikut ini kalian bisa turun di stasiun berikut:




1. Stasiun Sadang (Halte Kereta Api Sadang)

Stasiun Sadang atau Halte Kereta Api Sadang hanya dapat diakses dengan menggunakan kereta api lokal Purwakarta, baik dari arah Jakarta Kota maupun arah Purwakarta karena kereta api lokal Purwakarta adalah satu-satunya kereta yang masih berhenti di Stasiun Sadang atau Halte Kereta Api Sadang.

Dari stasiun Sadang, jalan ke arah flyover jalan raya. Dari flyover tersebut sudah tersedia angkot warna Biru-Kuning (Purwakarta-Sadang-Cikampek), naik angkot itu dan turun di perempatan lampu merah Sadang Terminal Square, maka dengan menyebrangi jalan raya atau perempatan sudah tiba di
Sadang Terminal Square. Biaya hanya 2000-3000 dan perjalanan memakan waktu sekitar 2-5 menit.

Namun apabila di tempat flyover tidak ada angkot warna Biru-Kuning yang berhenti disitu, jalan menanjak ke ujung flyover lalu tunggu angkot warna Biru-Kuning (Purwakarta-Sadang-Cikampek) atau angkot 02 warna Merah-Biru (Pasar Simpang-Sadang), untuk angkot warna Biru-Kuning turun di perempatan lampu merah Sadang Terminal Square dilanjut menyebrangi jalan raya atau perempatan, akhirnya tiba di Sadang Terminal Square. Untuk angkot 02 warna Merah-Biru tidak perlu menyebrangi jalan karena angkot itu langsung mengantarkan kedepan Sadang Terminal Square. Biaya hanya 2000-3000an dan perjalanan memakan waktu sekitar 2-5 menit.

Jika tidak mau menggunakan biaya transportasi angkot ke Sadang Terminal Square, cukup jalan kaki hingga ke Sadang Terminal Square. Dari stasiun Sadang atau Halte Kereta Api Sadang jalan menuju flyover dan menanjak menuju ujung flyover, jalan lurus mengikuti jalan raya hingga bertemu dengan perempatan lampu merah Sadang Terminal Square (STS). Tepat didepan mata terlihat Sadang Terminal Square, tinggal menyebrangi jalan dan akhirnya tiba di Sadang Terminal Square. Perjalanan memakan waktu sekitar 7-15 menit.

2. Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta dapat diakses dengan menggunakan KA Serayu, KA Lokal Cibatu, KA Lokal Purwakarta, KA Argo Parahyangan, KA Ciremai Ekspress, dan KA Harina. Baik dari arah Cikampek/Cirebon/Jakarta Kota, maupun dari arah Bandung.

Dari stasiun Purwakarta (arah masuk stasiun Purwakarta), jalan lurus hingga bertemu jalan raya, menyebrangi jalan raya kemudian naik angkot 01 warna Merah-Hijau (Pasar Simpang-Sadang (STS)) dan turun di Sadang Terminal Square (Yang terdapat gedung besar berwarna merah bertuliskan STS Sadang, setelah melewati SMAN 2 Purwakarta jika naik angkot 01 warna Merah-Hijau dari samping kiri). Dengan menyebrangi jalan raya maka sudah tiba di Sadang Terminal Square. Biaya sekitar 3000an dan perjalanan memakan waktu sekitar 25-30 menit. Jika kamu naik angkot 01 warna Merah-Hijau tidak menyebrang jalan maka akan membuang waktu karena angkot ini memutar jalan Situ Buleud untuk mencari penumpang yang ingin berjalan ke Sadang Terminal Square melewati jalan Cimaung.

Cara lain dari stasiun Purwakarta apabila malas menyebrangi jalan raya, bisa naik angkot 02 warna Merah-Biru (Pasar Simpang - Sadang (STS)) kemudian turun di Sadang Terminal Square. Tidak perlu menyebrangi jalan karena sudah didepan Sadang Terminal Square. Biaya sekitar 2000-3000an dan perjalanan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

N.B: Angkot 01 warna Merah-Hijau dan 02 warna Merah-Biru memiliki relasi tujuan yang sama di daerah Purwakarta ini. Namun yang berbeda bahwa angkot 01 dan angkot 02 berjalan satu arah saja, tidak bolak-balik, dengan kata lain relasi angkot 01 warna Merah-Hijau dan angkot 02 warna Merah-Biru melakukan loop relation. Jika angkot 01 warna Merah-Hijau start dari Pasar Simpang maka ke Sadang Terminal Squarenya melewati jalan Cimaung, dan dari Sadang Terminal Square tidak memutar balik melainkan berjalan melewati flyover Sadang, Universitas Pendidikan Indonesia dan tiba ke Pasar Simpang. Sementara jika angkot 02 warna Merah-Biru start dari Pasar Simpang maka ke Sadang Terminal Squarenya melewati jalan via kampus Universitas Pendidikan Indonesia dan flyover Sadang, dan dari Sadang Terminal Square tidak memutar balik melainkan berjalan melewati jalan Cimaung dan tiba ke Pasar Simpang.

Aku sendiri memilih naik angkot 02 warna Merah-Biru jika dari stasiun Purwakarta dikarenakan waktu tempuh yang cepat (15-20 menit) dibandingkan angkot 01 warna Merah-Hijau yang harus melewati jalan kecil dan jalan Cimaung (25-30 menit) jika ingin ke Sadang Terminal Square. Apabila ingin kembali ke stasiun Purwakarta atau stasiun Sadang dari Sadang Terminal Square, aku memilih naik angkot 01 warna Merah-Hijau karena waktu tempuh yang cepat (15-20 menit) dibandingkan naik angkot 02 warna Merah-Biru (25-30 menit), kecuali untuk ke stasiun Sadang sepertinya tidak perlu naik angkot 02 karena hanya memakan waktu sekitar 55 menit dikarenakan hanya memutar relasi saja.


Komentar

Postingan Populer