Cara ke Cibinong Square dengan Naik Kereta Api

Cibinong Square atau disingkat dengan CS merupakan salah satu tempat perbelanjaan di kota Cibinong, Kabupaten Bogor yang lokasinya terletak dekat dengan Jalan Raya Bogor-Jakarta dekat dengan pertigaan lampu merah Cikaret dan markas militer Yon Bek Ang 1 Kostrad. Cibinong Square diresmikan sekitar tahun 2011-2012. Cibinong Square sangat mudah dijangkau bagi warga di sekitar Cibinong, Cikaret, dan sekitarnya. Bahkan adapun banyak warga dari daerah lain yang berkunjung ke Cibinong Square untuk mengikuti dan menyaksikan event yang diselenggarakan di Cibinong Square. Bagi yang terbiasa dengan moda transportasi kereta api untuk pergi ke suatu tempat dan ingin pergi ke Cibinong Square, anda dapat turun di stasiun berikut dan berganti transportasi berikut.




1. Stasiun Bojonggede
Dari stasiun Bojonggede, anda dapat memilih alternatif sebagai berikut:
  • Pergi ke pintu keluar, kemudian naik ojek turun di Cibinong Square yang terletak di dekat pertigaan lampu merah Cikaret, Jalan Raya Bogor.  Perjalanan dengan menggunakan ojek ini hanya memakan waktu sekitar 15-22 menit dengan biaya sekitar 20000-30000 rupiah
  • Pergi ke pintu keluar arah utara timur, menyebrangi rel ke arah barat hingga bertemu dengan jalan raya. Kemudian carilah angkot 05 berwarna biru relasi Bojonggede-Depok turun di pertigaan Bambu Kuning (Jangan sampai salah naik karena angkot 05 warna biru ada juga yang relasinya hanya sampai ke Perumahan Bambu Kuning saja). Perjalanan angkot 05 membutuhkan waktu 5-15 menit dengan biaya sekitar 2500-3000 rupiah. Kemudian dilanjut naik angkot 35 berwarna biru relasi Bambu Kuning-Cibinong turun di pertigaan lampu merah Cikaret. Dengan angkot 35 ini hanya memakan waktu sekitar 15-45 menit dengan biaya sekitar 3000-5000 rupiah. Kemudian dari tempat itu sudah kelihatan gedung yang bertuliskan Cibinong Square. Anda hanya berjalan ke arah selatan menyebrangi jalan hingga bertemu dengan pintu masuk Cibinong Square. Perjalanan tanpa biaya ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1-3 menit saja untuk tiba di Cibinong Square
  • Pergi ke pintu keluar arah selatan timur, naik angkot 31 berwarna biru relasi Bojonggede-Kandang Roda (Uswatun Hasanah) turun di pertigaan Jalan Raya Bogor-Jakarta sebelum menyebrang ke Jalan Raya Bogor-Jakarta. Perjalanan angkot 31 berwarna biru ini memakan waktu sekitar 30-45 menit dengan biaya sekitar 6000-7000 rupiah. Kemudian sambung naik angkot 08 berwarna biru atau hijau relasi Pasar Anyar-Citeureup (tanpa menyebrang jalan) turun di Cibinong Square. Perjalanan ini hanya memakan waktu 15-25 menit dengan biaya sekitar 3000-4000 rupiah.

2. Stasiun Cibinong
Keluar ke arah pintu keluar stasiun Cibinong, berjalan ke arah timur menuju Jalan Raya Bogor-Jakarta sambil menyebrangi jalan tersebut. Anda dapat naik angkot 08 berwarna hijau atau biru relasi Citeureup-Pasar Anyar dari tempat itu namun waktu menunggu cukup lama jika anda datang di siang hari. Kemudian turun di Cibinong Square. Anda hanya menyebrangi Jalan Raya Bogor-Jakarta saja untuk tiba di Cibinong Square. Jika anda berada di waktu malam hari, maka anda tidak akan menunggu waktu yang lama untuk menunggu angkot yang datang menuju Cibinong Square.

Namun apabila anda datang di siang hari dan ingin cepat tiba di Cibinong Square, setelah anda menyebrang Jalan Raya Bogor-Jakarta, anda dapat meneruskan perjalanan ke belakang Ramayana Cibinong dan menyebrangi jalan lagi untuk menunggu angkot 08 berwarna hijau atau biru tiba lagi. Kemudian turun di Cibinong Square. Anda hanya menyebrangi Jalan Raya Bogor-Jakarta saja untuk tiba di Cibinong Square. Jika anda berada di waktu malam hari, maka anda tidak perlu ke belakang Ramayana Cibinong lagi, karena di belakangan Ramayana Cibinong sudah jarang bahkan tidak ada angkot 08 berwarna hijau atau biru yang berseliweran di malam hari di jalan itu.

Waktu tempuh dari stasiun Cibinong ke Cibinong Square sekitar 8-20 menit dan memerlukan biaya sekitar 2500-3000 rupiah.



Komentar

Postingan Populer