Cara-Cara Mengatasi dan Menyembuhkan Rasa Depresi

Depresi merupakan suatu penyakit dalam diri manusia berupa tekanan batin yang dapat memperlemah kemampuan serta memperlemah syaraf. Biasanya penyakit depresi ini disebabkan oleh munculnya berbagaimasalah yang dialami oleh seseorang yang sulit diatasi oleh dirinya sendiri. Dilema yang sulit diatasi, belum didasari dengan keahlian kemampuannya tentu hal ini akan menimbulkan tekanan batin bagi dirinya dan kebingungan bagaimana dirinya dapat mengatasi masalah tersebut. Bahkan orang yang mengalami depresi akan sulit berkomunikasi akan masalah yang dia alami (bukan berarti karena dominannya orang pendiam selalu mengalami depresi).

Di Indonesia, kata depresi bisa disetarakan dengan galau sebagai bahasa yang populer di kalangan remaja. Namun penyebab utama terjadi depresi atau galau khususnya dikalangan remaja adalah permasalahan cinta. Ya, hal itu sudah wajar karena kebanyakan remaja masih labil mengenai cinta. Namun jika dewasa masih tetap labil mengenai masalah percintaan, berarti dirinya menjadi ababil.

Beberapa penyebab lain terjadinya depresi adalah rasa sedih yang mendalam seperti terkena kecelakaan dalam keluarganya, rasa sakit hati karena diputusi pacarnya atau dicerai oleh pasangan hidup karena beberapa faktor, dipecat dari pekerjaan ternama atau penghasilan yang besar, tujuan dan harapan yang tidak tercapai dan lainnya. Tentunya akan timbul depresi bagi diri seseorang yang mengalami kejadian tersebut. Bagi saya sendiri, saya pernah mengalami kejadian seperti itu. Dulunya memang benar-benar berat banget rasanya menerima kenyataan yang ada, bahkan dalam pikiran saya ingin sekali saya harus mengakhiri hidup saya karena tidak tau apa yang harus saya lakukan. Namun kalau saya melakukan hal itu sepertinya sia-sia saja jika hidup saya cepat berakhir gara-gara hanya permasalahan yang seperti ini saja. Jadi, karena kejadian itu dan benar-benar menyiksa diri saya, saya mencoba untuk melepas semua rasa tekanan ini dan mencari sesuatu yang dapat menghilangkan rasa depresi ini.

Dalam postingan ini, saya akan memberikan beberapa cara dalam mnengatasi dan menyembuhkan rasa depresi dalam diri kita ini. Cara-cara ini juga efektif bagi kalian yang ingin meredakan penyakit depresi dalam diri orang lain karena saya juga pernah mencoba cara yang sudah saya lakukan ini kepada orang lain hanya sekedar berbagi tips dan cara yang sebenarnya efektif sudah dilakukan oleh saya sendiri. Cara-cara berikut merupakan cara yang sudah pernah saya lakukan sebelumnya untuk menghilangkan rasa depresi yang saya alami sebelumnya karena beberapa faktor.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatas dan menyembuhkan rasa depresi berdasarkan pengalaman saya ini:

1. Jalan-jalan ke suatu tempat
Cara pertama ini merupakan cara utama dalam menyembuhkan rasa depresi. Biasanya dengan jalan-jalan ke suatu tempat akan menghilangkan depresi sedikit demi sedikit. Alangkah baiknya jalan-jalan ke suatu tempat yang dimaksud adalah jalan-jalan ke daerah yang alami serta damai di hati. Seperti ke pegunungan, ke pesawahan, ladang rumput, hutan, pinggiran sungai, dan tempat alam yang lainnya. Anda juga bisa jalan-jalan ke tempat wisata atau tempat taman bermain di mall. Dengan seringnya jalan-jalan maka tak kerasa rasa depresi akan hilang.

2. Berolahraga
Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyembuhkan rasa depresi yang baik. Olahraga yang baik dalam menghilangkan rasa depresi adalah olahraga berlari. Seperti yang sebelumnya pernah saya postingan mengenai Keuntungan dan Kerugian Berolahraga Lari Berdasarkan Waktu, olahraga yang baik adalah olahraga yang dilaksanakan di waktu pagi dan sore hari. Jika anda membiasakan diri untuk melakukan olahraga lari di waktu tersebut, saya jamin rasa depresi yang anda alami akan berkurang dan dapat disembuhkan. Jika anda males berolahraga lari, cobalah melakukan push up dan back up di kasur beberapa kali. Anda dapat melakukan olahraga yang lain selain berolahraga lain, salah satunya seperti renang, berdansa, bermain bola, basket, voli, baseball, dan lain-lainnya. Namun hindari olahraga yang membutuhkan tenaga otak seperti catur karena olahraga ini tidak efektif dalam menghilangkan depresi.

3. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
Salah satu faktor yang efektif dalam meredakan rasa depresi adalah mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Keduanya memiliki zat yang baik untuk pertumbuhan tubuh serta netralisir racun dalam tubuh. Biasanya rasa depresi disebabkan karena racun dalam otak yang dapat mempertegang pikiran. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran selain kita mendapatkan nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh, racun yang menyerang di dalam otak pun akan hilang sehingga pikiran akan terasa ringan serta dapat berpikiran secara baik dan optimis.

4. Atur pola tidur menjadi baik
Penyebab mudah terserang depresi adalah kesalahan pada pola tidur seseorang. Biasanya orang yang suka telat tidur malam atau jarang tidur siang dapat menyebabkan seseorang tersebut terserang penyakit depresi. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, anak remaja yang bergadang karena tugas, main keluar rumah, bahkan sibuk berpesanan dengan pasangan rentan mengalami penyakit depresi. Saya sendiri pernah mengalami berantaknya pola tidur saya, namun akhirnya saya atur kembali pola tidur saya sendiri dan aktivitas saya sehingga bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Lamanya waktu tidur yang cukup khususnya malam hari optimalnya adalah 8 jam. Jika anda tidur kurang dari 8 jam pada malam hari, maka bisa anda tutupi saat anda tidur di siang hari nantinya. Namun jika lebih dari 8 jam pada malam hari berarti anda memang kelelahan dari harus mengurangi aktivitas anda berikutnya. Karena kekurangan waktu tidur dan kelebihan waktu tidur juga gak baik dan bisa rentan terhadap penyakit depresi.

5. Mengkonsumsi Coklat dan Kopi
Dari beberapa berita dan artikel yang saya dapat, coklat dan kopi adalah salah satu bahan yang dapat membuat diri kita menjadi tenang dan tidak tegang saat sedang melaksanakan aktivitas. Ya, saya sudah membuktikan hal itu. Dengan mengkonsumsi coklat serta kopi dapat membuat diri kita menjadi nyaman serta bahagia. Bahkan lebih baik apabila kita membuat minuman gabungan antara kopi dengan coklat. Lebih nikmat diminum apalagi saat di pagi hari. Coklat dan kopi memiliki antioksidan dan phenylethylamine yang berguna untuk menjaga tekanan darah. Sehingga sangat bermanfaat untuk menimalisir rasa depresi dalam diri kita.

6. Mencari bahan humor untuk ditertawakan
Agar rasa depresi dalam diri kita dapat berkurang bahkan hilang, kita harus sering tertawa. Tertawa akan timbul apabila kita merasa geli melihat apa yang kita lihat. Carilah sesuatu humor yang patut untuk ditertawakan seperti membaca meme, menonton film komedi, atau mendengarkan candaan teman atau orang sekitar. Berdasarkan pengalaman saya, orang yang merasa sedih, stress, bahkan depresi akan berkurang rasanya dan kembali bahagia apabila mereka dapat tertawa apabila mereka dapat humor yang patut untuk ditertawakan dan tidak sembarang humor yang harus ditertawakan.

7. Sibukkan diri dengan berbagai aktivitas
Orang-orang yang padat sekali akan pekerjaan dan aktivitas jarang sekali terserang penyakit depresi. Apalagi jika orang tersebut memiliki jadwal yang terstruktur akan lebih fokus dengan jadwalnya sendiri. Namun orang yang tidak pernah mengatur jadwal aktivitas sehari-hari serta memiliki jadwal yang berantakan akan rentan terkena penyakit depresi. Jadi sibukkan diri dengan aktivitas yang ada, baik itu menulis blog, cerita, latihan soal, menonton TV, membantu orang tua, ikut organisasi di sekolah, kuliah, atau masyarakat, dan melakukan rekreasi ke tempat yang lainnya. Syukur-syukur jika anda ikut kerja sambilan, entah itu kerja outsourching maupun usaha kecil-kecilan.

8. Menerima segala kekurangan dan Bersyukur
Penyebab depresi yang lain adalah ketika seseorang tidak bisa menerima segala kenyataan yang terjadi. Kasus seperti ini memang cukup berat untuk diatasi karena akan berujung dengan membunuh dirinya sendiri. Namun pada poin ini dapat dilakukan apabila kita dapat melihat sisi kebaikan yang pernah kita lakukan kepada seseorang dan kelebihan kemampuan yang kita miliki. Tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini, selalu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kalau kita melihat ke atas pada teman kita yang sukses, mungkin kita melihat ada yang kurang dengan kita kenapa kita tidak sukses. Mungkin karena kita tidak memiliki kemampuan yang dia miliki, atau ada kekurangan yang kita miliki yang sebenarnya gak cocok pada tempat dia sukses. Lebih baik kita menerima segala kekurangan yang kita miliki karena mungkin kita akan lebih sukses di tempat yang lain. Namun kalau kita melihat ke bawah pada teman kita yang masih gitu-gitu aja atau belum sukses, sebenarnya kita sudah sukses sampai sejauh ini. Mereka yang masih belum bisa dapat apa-apa, atau masih ada kekurangan, tapi kita sudah memiliki apa-apa yang membuat kita terus berjalan, punya kemammpuan yang ada tapi mereka sebenarnya gak ada. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang positif bagi kita kalau kita punya kelebihan yang berbeda dari orang lain. Segala kekurangan yang kita miliki kita terima apa adanya karena suatu saat kita pasti menemukan tempat yang baik untuk diri kita berdasarkan kekurangan dan kelebihan kita ini. Bersyukurlah bahwa kita masih memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, bersyukurlah bahwa kita memiliki kelebihan yang dapat unggul dari orang lain. Dan terimalah bahwa kita masih memiliki kekurangan yang kita miliki.

9. Beramal dan Berdoa
Mendekatkan diri kepada agama yang kita anut merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa depresi yang kita alami. Apabila kita memiliki masalah, kita berserah diri kepada tuhan kita dan berdoa agar masalah yang kita alami dapat diberikan jalan kemudahan untuk menyelesaikan masalah yang kita alami ini. Seringlah berdoa kepada yang maha pengasih dan maha penyayang. Dengan mengikhlaskan segalanya dan berdoa dengan sungguh-sungguh, maka otak akan terasa tenang, nyaman dan secara tidak langsung menimbulkan rasa kebahagiaan. Secara tak sadar juga, tubuh kita terasa tenang, sehat, serta emosi menjadi stabil.

10. Saling berbagi pengalaman dan cerita
Ketika kita memiliki masalah, alangkah baiknya kita bercerita dengan orang tua kita, teman kita, atau rekan kerja kita. Karena dengan kita berbagi pengalaman dan cerita kita ini, khususnya dengan masalah yang kita alami ini, tanpa kita sadari kita akan lega dan merasa ringan dengan beban tekanan yang kita alami ini. Jika seseorang yang kita cerita tersebut mengalami depresi, kita berikan solusi kepadanya dan bagikan pengalaman depresi kita kepadanya karena dengan berbagi pengalaman yang memiliki penyebab depresi yang sama tentunya akan membuat kita sedikit kebal terhadap gejala depresi seperti itu dan juga orang yang mengalami depresi tersebut akan memahami dan mengikuti solusi yang sudah kita berikan. Bagi kita yang mengalami rasa depresi dan ingin menceritakan kepada seseorang, lebih baik ceritakan lah secara lengkapnya. Dengan menceritakan secara lengkap kita sudah memberikan pengertian kepada seseorang untuk kita. Walau orang tersebut hanya jadi perespon atau pendengar yang baik, tapi orang yang mengetahui cerita kita telah memberikan solusi sehingga orang tersebut dapat saling berbagi pengalamannya mengenai depresi yang pernah dia alami sebelumnya. Seperti saya ini, saya memberikan beberapa cara dalam mengatasi dan menyembuhkan rasa depresi sehingga saya berharap dengan saya memberikan postingan ini dapat membantu seseorang untuk bebas dari penyakit depresi yang dia alami ini.

Semoga tips ini dapat membantu anda untuk mengatasi dan menyembuhkan rasa depresi yang anda alami ini.

Komentar

Postingan Populer