Jadwal Perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek per 1 April 2015

Pada akhir maret tahun 2015, banyak kabar yang mengatakan bahwa jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek mulai berubah lagi pada tanggal 1 April 2015. Ya, tanggal 1 April 2015 merupakan salah satu perubahan jadwal untuk seluruh kereta api di Indonesia, termasuk untuk KRL Commuter Line Jabodetabek. Selain itu, tarif tiket untuk seluruh kereta api di Indonesia ikut berubah juga. Adanya perubahan untuk harga tarif tiket serta jadwal kereta api di seluruh Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Dari naiknya harga BBM dunia, jatuhnya kurs mata uang rupiah, hingga perbaikan pelayanan kereta api secara menyeluruh.




Perubahan jadwal kereta api dilakukan setiap setahun sekali sebagai penyesuaian untuk pola operasi kereta api yang optimal. Banyaknya jadwal yang ditambah, berkurang, hingga adanya relasi kereta api yang baru tentunya harus disesuaikan kembali secara menyeluruh untuk mengoptimalkan operasional serta jadwal kereta api dan menghindari kemungkinan besar terjadinya susul-menyusul dan persilangan dalam jumlah besar hingga jadwal yang bentrok dengan kereta yang lain. Perubahan pola operasi kereta api ini dibuat dalam bentuk grafik perjalanan kereta api atau biasa disingkat dengan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api). Pola operasi kereta api di Indonesia pada tanggal 1 April 2015 nantinya dikabarkan setiap kereta api tidak sering mengalami saling susul menyusul di beberapa stasiun tertentu. Selain itu, adanya penambahan stasiun pemberhentian untuk mengakomodir penumpang yang ingin naik dan turun di stasiun yang dituju khususnya diberlakukannya rute baru dan kereta baru.

Di wilayah kereta api yang dilintasi oleh kereta rel listrik, terutama di wilayah Jabodetabek pada tanggal 1 April 2015 juga mengalami perubahan jadwal di setiap rutenya. Diantaranya pergeseran jam keberangkatan menjadi lebih awal dan lebih telat, penambahan jadwal baru, pemangkasan relasi di rute tertentu, serta adanya jadwal baru untuk rute yang baru. Jadwal yang terbaru mulai 1 April 2015 disesuaikan berdasarkan GAPEKA 2015 serta penyesuaian jumlah armada KRL yang mungkin dijalankan.

Dalam postingan ini, saya akan memberikan jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek yang berlaku pada tanggal 1 April 2015 nantinya. PT. Kereta Api Commuter Line Jabodetabek telah merilis jadwal KRL yang terbaru yang akan berlaku mulai 1 April 2015 di situs resminya. Jika anda ingin melihat jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek yang terbaru mulai 1 April 2015, anda bisa mengunjungi situs resmi PT. Kereta Api Commuter Line Jabodetabek (PT. KCJ) dan mengecek di bagian jadwal perjalanan GAPEKA 2015. Anda bisa memilih antara format microsoft excel maupun PDF.

Bagi anda yang ingin mencari dan melihat jadwal perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek untuk lintas Bogor/Depok-Jakarta/Jatinegara, Bekasi-Jakarta, Tangerang-Duri, serta Maja/Parungpanjang/Serpong-Tanah Abang, berikut ini letak anda dapat melihat jadwal perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek yang berlaku mulai 1 April 2015 di situs resmi PT. Kereta Api Commuter Line Jabodetabek:

Lokasi untuk melihat jadwal perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek yang berlaku 1 April 2015

Sedikit ringkasan jadwal perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek yang berlaku 1 April 2015 ini saya sajikan untuk beberapa rute tertentu:

Banyak perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek untuk rute:
1. Bogor/Depok-Jakarta Kota/Jatinegara PP terdapat 216 total perjalanan.
2. Bekasi-Jakarta terdapat 76 total perjalanan.
3. Jakarta-Bekasi terdapat 78 total perjalanan.
4. Maja/Parungpanjang/Serpong-Tanah Abang terdapat 73 total perjalanan.
5. Tanah Abang-Serpong/Parungpanjang/Maja terdapat 74 total perjalanan.
6. Tangerang-Duri PP terdapat 44 total perjalanan.
7. JAKK-KPB PP sebagai feeder terdapat  26 total perjalanan.

Berdasarkan jadwal yang dirilis pada tanggal 24 Maret 2015 terlihat bahwa jadwal untuk KRL rute Citayam-Cibinong-Nambo dan rute Jakarta Kota-Ancol-Tanjung Priok belum tersedia. Selain itu belum diaktifkan kembali stasiun Grogol, Taman Kota, Tanah Tinggi, dan Angke. Hal ini dikarenakan menunggu persiapan sarana dan prasarana yang baik di setiap rute tersebut dan sterilisasi stasiun di setiap rutenya walaupun daftar tabel jarak antar stasiun dan daftar tabel tarif progresif sudah ada untuk kedua rute tersebut. Untuk jadwal kedua rute tersebut ketika rilis dari situs resmi PT. KCJ akan diposting segera di blog ini.

Pada tanggal 31 Maret 2015 terlihat bahwa ada penambahan jadwal KRL di beberapa rute dari update tanggsal 24 Maret 2015. Selain adanya penambahan jadwal KRL, terdapat jadwal KRL rute khusus Angke-Duri-Manggarai-Citayam-Cibinong-Nambo. Anda dapat melihat jadwal update terbaru di situs resmi PT. KCJ.

Semoga dengan adanya jadwal perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek yang baru yang berlaku mulai 1 April 2015 ini dapat membantu anda untuk mempersiapkan perjalanan anda ke tujuan yang anda inginkan. 

Komentar

Postingan Populer