Manfaat dan Bahaya pada Vitamin A

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari dari waktu ke waktu. Baik makanan pagi, siang, sore atau pun malam. Bahkan makanan pembuka, makanan utama, maupun makanan penutup. Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari tidak terlepas dari beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Antara lain vitamin, mineral, dan beberapa unsur yang lainnya. Khususnya dalam vitamin, vitamin merupakan kandungan pada makanan maupun minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena dengan vitamin akan membuat seluruh tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit yang membuat tubuh menjadi lemah.


Banyak jenis-jenis vitamin yang terdapat pada setiap makanan dan minuman, diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Adapun bagian-bagian dari masing-masing vitamin yang tidak akan saya jelaskan disini. Dalam postingan yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai manfaat dan bahaya pada vitamin A.

Kenapa saya mengambil judul manfaat dan bahaya pada vitamin A? kenapa bukan manfaat dan kerugian pada vitamin A? ya sama saja karena manfaat bisa disetarakan dengan keuntungan dan bahaya bisa disetarakan dengan kerugian. Setiap hari kita selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin. Namun terkadang kita tidak mengetahui makanan dan minuman mana saja yang mengandung vitamin A. Dan apakah manfaat kita mengkonsumsi vitamin A? dan apakah bahayanya ketika kita mengkonsumsi vitamin A?

Sumber vitamin A, baik makanan atau minuman yang mengandung vitamin A berasal dari beberapa sumber sebagai berikut:
  • Bayam
  • Apel
  • Wortel
  • Pepaya
  • Kangkung
  • Pepaya
  • Sawi
  • Blueberry
  • Susu
  • Hati
  • Kepiting
  • Udang
  • Cabe
  • Ikan
  • Alpukat
  • Telur
  • Keju
  • Mangga
  • Labu
  • Ubi Merah
  • Brokoli
dan masih banyak lagi beberapa sumber makanan dan minuman yang mengandung vitamin A. Apabila kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah saya sebutkan tersebut tentunya kita akan merasakan khasiat dan manfaatnya. Apa sajakah manfaatnya itu? Berikut ini adalah manfaat ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin A.

1. Meningkatkan Kesehatan pada Mata.
Mungkin manfaat pada vitamin A yang ini sudah cukup familiar bagi kita yang mengkonsumsi vitamin A. Ketika kita merasa kurang sehat pada mata, baik itu berkunang-kunang, pandangan sedikit kurang baik karena kelelahan, alangkah baiknya mengkonsumsi vitamin A agar mata menjadi lebih sehat.

2. Menangkal Radikal Bebas
Apa itu radikal bebas? Radikal bebas merupakan unsur yang merugikan yang berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh. Fungsi pada vitamin A adalah sebagai pembentuk antioksidan dan pembentukan sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh kita dapat menangkal radikal bebas dan tidak terserang oleh penyakit. Baiknya lagi, jika sering mengkonsumsi vitamin A dapat mencegah terjadinya kanker pada tubuh.

3. Meminimalisir Rasa Pusing dalam Kepala
Apabila kita sering merasa pusing, berarti kita kekurangan vitamin A. Berdasarkan pada poin pertama, tentunya kalau pandangan kita sudah sedikit rabun maka akan berpengaruh pada otak yang membuat pikiran menjadi pusing. Semakin kita sering mengkonsumsi vitamin A maka rasa pusing pada kepala semakin berkurang. Tentunya hal ini dapat meminimalisir peluang untuk jatuh pingsan.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Manfaat dari vitamin A yang ini hampir sama dengan vitamin D namun pada vitamin A ialah mempercepat proses penyembuhan luka sehingga walaupun kita terluka akibat terjatuh ataupun terkena sesuatu yang membuat jaringan tubuh (baik di dalam ataupun di luar) terluka maka penyembuhan pada luka akan berlangsung cepat apabila kita sering mengkonsumsi vitamin A.

5. Mengurangi Kerontokan Pada Rambut
Bagi anda yang rambutnya sering rontok, alangkah baiknya mencoba mengkonsumsi vitamin A dengan baik sesuai dengan waktu setiap hari. Karena berdasarkan pada poin kedua, kerontokan rambut terjadi akibat adanya unsur yang merugikan yang menyerang pada rambut sehingga rambut mudah rontok hingga yang parahnya akan terjadi kebotakan.


6. Menghindari Terjadinya Kekeringan Pada Kulit
Dalam konteks ini, bukan berarti kulitnya menjadi keriput karena habis kena air, namun karena sering terkena sinar matahari dan kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab terjadinya kekeringan pada kulit. Oleh karena itu, minuman ion tidak cukup jika tidak disertai dengan vitamin A. Karena minuman ion hanya berperan sebagai penyembuhan kekeringan pada kulit.

Namun manfaat akan terasa apabila kita mengkonsumsi vitamin A sesuai dengan kadarnya. Ya, kalau kita bermalas-malasan mengkonsumsi vitamin A tentunya manfaat tidak akan terasa oleh kita namun melainkan kita akan kekurangan vitamin A yang merupakan bahaya dari vitamin A jika kita jarang mengkonsumsi vitamin A. Selain itu, apabila kita mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan (baik karena ketagihan atau karena ingin merasakan manfaat yang lebih tinggi) maka akan memperburuk kondisi tubuh kita. Ya, berlebihan memang tidak boleh karena cukup membahayakan. Lalu apakah bahaya apabila kita mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan? Berikut ini bahaya yang akan timbul dalam tubuh kita:

1. Terjadinya Manfaat yang Berlawanan pada Vitamin A
Jika mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan, maka bukanlah manfaat yang akan didapat melainkan manfaat tersebut menjadi keterbalikan yang membuat manfaat tersebut menjadi rugi bagi diri kita sendiri. Seperti awalnya meningkatkan kesehatan pada mata melainkan mengurangi kesehatan pada mata, awalnya meminimalisir rasa pusing pada kepala melainkan memaksimalkan rasa pusing pada kepala, dan lain-lainnya. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang berbahaya apabila berlebihan mengkonsumsi vitamin A. Jadi aturlah konsumsi vitamin A agar tidak melebihi batas yang wajar.

2. Sering Muntah-Muntah
Gejala seperti ini dikarenakan sifat vitamin A yang hanya larut dalam lemak, apabila tertumpuk di dalam lemak maka tubuh akan mual dan sering muntah-muntah karena berkontraksi dengan hati. Biasanya mudah timbul ketika sering mengkonsumsi daging atau susu secara berlebihan.

3. Terjadinya Penyimpangan Psikologi dalam Diri.
Salah satu yang berbahaya adalah terjadinya penyimpangan psikologi dalam diri. Penyimpangan psikologi yang dimaksud adalah pertumbuhan psikologi dalam seseorang. Yaitu, sering gugup didepan umum dan mudah marah. Jika terjadi dalam diri anda, aturlah konsumsi makanan yang mengandung vitamin A agar tidak keluar dari batas yang wajar.

4. Mengakibatkan Keguguran atau Kerusakan Janin
Satu hal pada wanita hamil apabila berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin A, baik secara obat maupun makanan dan minuman berpotensi cukup besar mengakibatkan keguguran hingga kerusakan pada janin. Atur pola makan agar tidak berlebihan pada asupan makanan dan minuman yang mengandung vitamin A

5. Menguningnya Kelopak Mata dan Telapak Tangan
Jika kelopak mata dan telapak tangan anda berwarna kuning, berarti tanda-tanda anda kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin A. Cobalah kurangi konsumsi vitamin A ke dalam batas yang wajar sehingga tidak terjadi penguningan terhadap kelopak mata dan telapak tangan.

Yang jadi pertanyaan saat ini, berapakah kadar yang wajar untuk mengkonsumsi vitamin A? Kadar atau dosis yang wajar dalam mengkonsumsi vitamin A adalah 4000 IU (International Unit) atau setara dengan 2.4 mg (miligram) per hari.

Itulah manfaat dan bahaya pada vitamin A. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencari informasi seputar manfaat dan bahaya pada vitamin A.

Komentar

Postingan Populer