Persamaan dan Perbedaan Antara Efektif dan Efisien dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pernahkah kita mendengar kata efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari? Sering sekali kita mendengar dua kata ini ketika kita sedang berbicara pada suatu kegiatan dan juga sesuatu yang berhubungan dengan penghematan. Kedua kata ini memiliki arti yang hampir sama namun memiliki makna dan penggunaan yang berbeda. Dalam postingan ini saya akan membahas apa sih perbedaan antara efektif dan efisiensi itu?




Secara makna, dua kata efektif dan efisiensi berhubungan dengan sesuatu yang harus diselesaikan dengan hemat. Hanya saja penggunaan kata efektif dan efisiensi tidak selamanya dalam satu konteks. Beberapa contoh penerapan yang mudah untuk kita ketahui apa yang membedakan antara efektif dan efisiensi.

1. Setelah libur semester, sekolah tersebut belum efektif belajar karena masih banyak guru yang belum bisa datang untuk mengajar hari itu.
2. Penggunaan air di dalam bak tersebut harus digunakan seefisien mungkin untuk agar bisa digunakan di kemudian hari.

Dua kata tersebut sering sekali kita dengar dalam kehidupan kita, namun jika kita perhatikan kalimat yang pertama bahwa yang dimaksud dengan belum efektif belajar adalah belum dimulainya aktivitas belajar mengajar sehingga masih terjadinya kesenggangan aktivitas disaat itu. Sementara itu pada kalimat yang kedua pada konteks ini merupakan penghematan mengenai airnya sehingga tidak perlu dilakukan pemborosan.

Jelasnya, ketika efisiensi menunjukkan bagaimana sesuatu diselesaikan dengan baik, efektif menunjukkan bagaimana sesuatu dapat dipergunakan. Contoh lainnya, mobil merupakan kendaraan yang efektif yang bisa bergerak dan membawa orang-orang melewati jarak yang jauh ke suatu tempat tertentu namun mobil bukan merupakan transportasi yang efisien bagi seseorang karena borosnya penggunaan bensin.

Efektif merupakan suatu tindakan atau menggunakan hal-hal yang benar yaitu hal-hal yang dapat menghasilkan sesuatu yang positif. Sementara efisien hanya mengenai tindakan hal yang benar yaitu menyelesaikan sesuatu masalah lebih cepat dan lebih murah.

Idealnya, perusahaan dan perusahaan menemukan cara untuk menjadi efektif dan efisien, namun ada kemungkinan untuk menjadi efektif tetapi tidak efisien dan sebaliknya. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan tidak melakukan sesuatu dengan baik mungkin memutuskan untuk melatih tenaga kerja untuk menggunakan teknologi yang baru. Pelatihan dapat berjalan dengan baik, dengan karyawan belajar teknologi baru dalam waktu singkat, tetapi jika produktivitas secara keseluruhan tidak meningkatkan mengikuti penerapan teknologi baru ini maka strategi perusahaan sebenarnya efisien tapi tidak efektif.

Berikut ini merupakan tabel perbedaan antara efisien dan efektif

Subjek Efektif Efisien
Definisi Tentang melakukan tugas yang tepat, menyelesaikan kegiatan dan mencapai tujuan. Tentang melakukan sesuatu dengan cara yang optimal, contohnya melakukan sesuatu dengan cara tercepat atau dalam cara yang paling murah. Ini bisa menjadi hal yang salah, tetapi hal itu dilakukan secara optimal.
Orientasi Usaha Tidak Iya
Orientasi Waktu Iya Tidak
Orientasi Proses Tidak Iya

Persamaan antara efisien dan efektif:
1. Sama-sama mencapai tujuan yang ingin dicapai
2. Sama-sama menyelesaikan sesuatu secara hemat
3. Sama-sama melakukan sesuatu dengan benar

Inilah perbedaaan dan persamaan antara efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari yang bisa saya sampaikan dalam postingan ini. Semoga bermanfaat bagi anda untuk memudahkan dalam membedakana antara efektif dan efisien.

Komentar

Postingan Populer