Jadwal Perjalanan dan Tarif Kereta Api Pangrango per 21 Januari 2016

Kereta Api Pangrango merupakan kereta api yang melayani relasi Bogor-Sukabumi. Kereta Api Pangrango ini menjadi transportasi yang sangat diminati oleh warga yang berada di sekitar relasi Bogor-Sukabumi untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk berpergian, kerja, rekreasi, maupun hal lainnya. Sebelum adanya kereta api Pangrango, kereta api Bumi Geulis melayani penumpang relasi Bogor-Sukabumi dengan jadwal perjalanan hanya sekali saja. Namun dikarenakan rangkaian yang sering bermasalah, akhirnya relasi Bogor-Sukabumi ditiadakan hingga diluncurkan kembali kereta api yang yang melayani relasi Bogor-Sukabumi dengan jumlah perjalanan pulang-pergi sebanyak tiga kali pada bulan November tahun 2014. Beberapa bulan kemudian, relasi Kereta Api Pangrango diperpanjang hingga Cianjur dan terdapat penyesuaian nama pada relasi Sukabumi-Cianjur menjadi Kereta Api Siliwangi.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan jadwal perjalanan sekaligus tarif kereta api Pangrango yang berlaku mulai tanggal 21 Januari 2016. Perubahan jadwal perjalanan sekaligus tarif disebabkan karena status kereta api relasi Bogor-Sukabumi-Cianjur mengalami perubahan yang berawal dari kelas komersial menjadi kelas perintis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan okupansi penumpang dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat untuk bisa berpergian ke daerah tertentu dengan menggunakan jasa kereta api khususnya di wilayah Sukabumi hingga Cianjur yang sebelumnya sulit dicapai oleh masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api. Dengan adanya penyesuaian harga dan jadwal, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan transportasi kereta api dengan maksimal sebagai pilihan transportasi dikala terjadinya hambatan pada transportasi yang lainnya.

Jadwal perjalanan kereta api Pangrango yang saya post disini merupakan jadwal perjalanan untuk relasi Bogor-Sukabumi. Untuk relasi Sukabumi-Cianjur ada pada postingan saya yang lainnya. Berikut ini merupakan jadwal perjalanan kereta api Pangrango relasi dari Bogor Paledang hingga Sukabumi:

Jadwal Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi 21 Januari 2016
Jadwal KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi Paledang per 21 Januari 2016

 Berikut ini merupakan jadwal perjalanan kereta api Pangrango relasi dari Sukabumi hingga Bogor Paledang:


Jadwal Kereta Api Pangrango Sukabumi-Bogor 21 Januari 2016
Jadwal KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor Paledang per 21 Januari 2016

Tarif kereta api Pangrango mulai 21 Januari 2016 berlaku tarif parsial berdasarkan jarak. Berikut ini merupakan ringkasan tarif parsial kereta api Pangrango antar stasiun untuk kelas Ekonomi:

Tarif Parsial Kereta Api Pangrango Ekonomi 21 Januari 2016
Tarif Parsial Kereta Api Pangrango Antar Stasiun untuk Kelas Ekonomi per 21 Januari 2016

Berikut ini merupakan ringkasan tarif parsial kereta api Pangrango antar stasiun untuk kelas Eksekutif:

Tarif Parsial Kereta Api Pangrango Eksekutif 21 Januari 2016
Tarif Parsial Kereta Api Pangrango Antar Stasiun untuk Kelas Eksekutif per 21 Januari 2016

Penambahan tarif sebesar 5000 apabila pembelian tiket kereta api Pangrango dilakukan di hari sabtu dan hari minggu untuk kelas ekonomi dan penambahan tarif sebesar 10000 untuk kelas eksekutif. Selain itu, pembelian tiket kereta api Pangrango dapat dibeli secara online ataupun langsung (Go Show). Untuk pembelian tiket kereta api Pangrango secara online dapat dibeli dari H-30 sebelum hari keberangkatan.

Untuk menyambung perjalanan dari arah Bogor Paledang ke stasiun Gandasoli, Cireunghas, Lampegan, Cibeber, dan Cianjur atau dari arah Cianjur ke arah Bogor terlebih dahulu turun di stasiun Sukabumi dan membeli tiket di stasiun Sukabumi selama persediaan tiket masih ada dan perjalanan kereta api, baik dari arah Bogor maupun arah Cianjur tidak mengalami keterlambatan kedatangan di stasiun Sukabumi. Hal ini dikarenakan perjalanan kereta api Pangrango hanya menggunakan 1 rangkaian kereta saja, rangkaian dari Bogor ke Sukabumi dan sebaliknya menggunakan rangkaian yang sama. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi transiter yang ingin menyambung kereta ke atau dari Cianjur akan tertinggal kereta karena kereta api Pangrango dan Siliwangi tidak saling menunggu seperti jadwal yang berlaku pada 1 April 2015 sebelumnya. Oleh karena itu, sangat beresiko bagi anda yang hanya sekedar ingin menikmati perjalanan atau berekreasi dengan kereta api dan sangat disarankan untuk mengetahui transportasi alternatif lainnya apabila tertinggal atau kehabisan kereta api ke tujuan tertentu. Harga tarif tiket KA Siliwangi untuk relasi Sukabumi-Cianjur merupakan tarif flat (Jauh dan dekat harga tarif sama), yaitu sebesar 3000 rupiah.

Demikian postingan mengenai jadwal perjalanan dan tarif kereta api Pangrango yang bisa saya sampaikan dipostingan kali ini. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer