Cara Mengatasi Lambatnya Membuka Folder Download di Windows 7

Aktivitas untuk mendownload atau mengunduh merupakan aktivitas yang tidak pernah bisa kita lepas untuk mengambil file dari internet untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. Bisa berupa dokumen, musik, video, gambar, dan masih banyak hal yang lainnya. Semua file yang didownload terkumpul menjadi satu dalam sebuah folder Download sehingga seluruh file ditumpuk didalam folder tersebut hingga situasi tertentu ingin dipindahkan ke folder yang lainnya.

Pernahkah anda saat membuka folder download terasa lambat sekali hingga menunggu 5 hingga 30 menit file keseluruhan dalam folder download baru bisa dijalankan? Dalam postingan ini saya ingin berbagi cara untuk mengatasi lambatnya membuka folder download di Windows 7.

Bagi pengguna Windows 7 terkadang menemukan masalah pada saat membuka folder download. Masalah tersebut adalah lambatnya membuka folder download yang menyebabkan anda menunggu hingga bermenit-menit agar bisa membuka file yang ada di dalam folder tersebut. Tentunya masalah tersebut menyebabkan kita membuang waktu cukup banyak terutama pada saat keadaan sedang mendesak untuk mengambil atau membuka file di folder Download.

Pada permasalahan ini pembukaan folder download yang sangat lambat terdapat di direktori C dengan folder bernama Downloads. Terdapat beberapa cara untuk memperbaiki atau mengatasi (sangat) lambatnya membuka folder Download di Windows 7:

Cara 1 (Scan Virus, Malware, dan File mencurigakan lainnya):
Biasanya folder download harus dilakukan scan virus dan malware. Hal ini dilakukan karena setiap file yang kita download di internet terkadang terdapat virus yang tidak kita ketahui, malware, bahkan file aneh dan mencurigakan yang beresiko merusak sistem Windows. Gunakan program yang dapat mengatasi adanya virus, malware, dan membersihkan file mencurigakan di Windows. Banyak program yang bisa anda gunakan. Apabila saat di scan tidak terdapat file yang mencurigakan, maka anda bisa mencoba cara yang kedua atau ketiga sebagai berikut,

Cara 2 (Memindahkan file di folder download ke folder yang lainnya):
Pindahkan file yang ada di folder download ke folder selain folder download, biasanya karena banyak tipe file yang berbeda-beda menyebabkan reading file pada saat membuka folder menjadi lambat. Oleh karena itu, setelah anda mendownload file, segera pindahkan file-file tersebut ke folder berdasarkan tipe filenya. Pindahkan ke direktori disk yang lain selain direktori disk C atau sistem disk. Misalkan simpan di direktori disk D. Dan buat folder berdasarkan tipe file, misalkan folder untuk "Musik", folder untuk "Gambar", folder untuk "Dokumen", dan lain-lainnya. Namun, apabila saat memindahkan masih terasa lambat maka anda  dapat melanjutkan ke cara yang ketiga. Apabila saat memindahkan terdapat file yang tidak bisa dipindahkan seperti error dan segala macam, maka anda dapat melanjutkan ke cara yang keempat.

Cara 3 (Mengubah dan mengoptimisasi pembacaan file pada folder download):
Folder download lebih sering membaca file gambar dibandingkan file yang lain. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang lebih suka mengunduh gambar dibandingkan file yang lain. Untuk mengatasi hal seperti ini, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buka File Explorer
  2. Klik Computer
  3. Search "Downloads" (tanpa tanda kutip), nantinya akan muncul direktori file dengan nama Downloads di "C:/Users/blablabla"
  4. Klik kanan, pilih properties, pilih tab Costumize, kemudian di bagian "Optimize this folder for" pilih General Items, ceklis "Also apply this template to all subfolders", klik Apply kemudian klik OK.
Maka sekarang anda dapat membuka folder Download dengan lancar tanpa menunggu waktu lama. Namun apabila masih melambat juga pada saat membuka folder download setelah melakukan cara ketiga, terdapat file yang mencurigakan yang menyebabkan sistem pembacaan file menjadi error. Hal ini ditemui apabila anda telah melakukan cara kedua. File tersebut tidak bisa dihapus dan tidak bisa dipindahkan. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan cara yang keempat.

Cara 4 (Checking Disk):
Cara ini merupakan cara terakhir apabila cara ketiga dan cara kedua tidak berhasil. Checking disk berguna untuk mengecek adanya file yang mencurigakan, bad sector, hingga memperbaiki adanya kedua hal tersebut. Dalam permasalahan ini, lambatnya membuka folder download disebabkan adanya file yang rusak atau bad sector pada folder download yang harus diperbaiki. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Checking Disk:
  1. Buka Command Prompt, anda dapat mengetik "Command Prompt" (tanpa tanda kutip) di kotak "Search programs and files".
  2. Ketik "chkdsk /r /f /x c:" (tanpa tanda kutip), apabila ditanya mengenai scheduling checking disk, tekan Y.
  3. Kemudian lakukan shut down dan nyalakan kembali Windows 7 dan proses Checking Disk dimulai. Proses checking disk memakan waktu sekitar 30-90 menit tergantung banyaknya file yang ada dalam hardisk anda.

Setelah checking disk selesai, maka layar akan masuk ke tampilan beranda windows anda. Akhirnya anda sudah tidak mengalami masalah lambatnya buka folder di Windows 7. Jangan lupa lakukan defragment disk setelah anda melakukan checking disk.

Namun pada saat anda melakukan shut down dan boot kembali Windows 7, anda selalu ditanya untuk melakukan checking disk atau tidak. Jika ditanya seperti itu pada saat booting Windows 7, cancel saja. Untuk mematikan scheduling pada checking disk, anda dapat melakukan tahapan sebagai berikut:
  1. Buka Command Prompt
  2. Ketik "chkdsk /x c:" (tanpa tanda kutip) atau "chkntfs /x c:" (tanpa tanda kutip)
Kemudian anda dapat merestart kembali Windows 7 anda dan anda tidak ditanya kembali mengenai checking disk anda.



Begitulah cara mengatasi lambatnya membuka folder download di Windows 7. Bagi anda pengguna Windows 8, anda dapat menyesuaikannya untuk mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer