Bilangan dan Angka-Angka dalam Bahasa Tagalog

Pada postingan sebelumnya, saya memberikan salam-salam yang paling umum digunakan dalam bahasa tagalog. Bahasa tagalog merupakan bahasa yang digunakan oleh penutur asli orang filipina. Ada beberapa bahasa tagalog yang menyerupai bahasa indonesia dan bahasa malaysia. Dalam postingan ini, saya memberikan beberapa contoh bilangan dan angka-angka dalam bahasa tagalog yang tentunya melengkapi pembicaraan pada saat melakukan salam dengan orang filipina.

Bilangan atau angka merupakan salah satu kata untuk menyebutkan kuantitas, jumlah, atau banyaknya objek dan subjek yang diperoleh. Tak terlepas dari pembahasan yang sering dilakukan sehari-hari dalam berkomunikasi, terkadang suatu angka bisa disebutkan dalam pembicaraan untuk menyebutkan kuantitas, jumlah, ataupun banyaknya objek dan subjek yang diperoleh.

Bilangan atau angka pada bahasa tagalog pada umumnya mengikuti akar kata pada bahasa malaysia (di Indonesia ada beberapa kata akar dari bahasa Jawa) dan bahasa Spanyol. Hal ini lebih umum untuk mendengar orang Filipina (bahkan orang yang bukan penutur bahasa Tagalog) menggunakan angka-angka atau bilangan dalam bahasa spanyol untuk membicarakan mengenai waktu. Contohnya "ala una ng hapon" yang berarti "Jam satu di siang hari" dan terkadang dalam menhitung uang. Contohnya "dies mil pesos" yang artinya "Sepuluh ribu peso)

Walaupun seperti itu, penutur asli bahasa Tagalog sering menggunakan angka bilangan dalam bahasa Melayu yang mengacu pada berat (Contohnya "Isang kilo" yang berarti "Satu kilogram"), benda, objek, dan orang (Contohnya "sampung daliri" yang berarti "sepuluh jari-jari", "limang kotse" yang berarti "lima mobil"), "tatlong magkakapatid" yang berarti "tiga bersaudara"), serta menghitung uang (Contohnya: "isang libong piso" yang berarti "satu ribu peso", "dawalang daang piso" yang berarti "dua ratus peso", dan "sampung piso" yang berarti "sepuluh peso").

Hal menarik dalam membicarakan waktu, orang filipina sering mencampurkan kata-kata dalam bahasa malaysia dan bahasa spanyol. Sebagai contoh, pada umumnya penutur asli bahasa Tagalog sering sekali mengucapkan, "sampung minuto bago mag-alas diyes ng umaga" (Sekarang sepuluh menit kurang sepuluh di pagi hari). Bahkan pengucapan tersebut bisa didengar pada penyiar radio di negara filipina di wilayah penutur asli bahasa Tagalog untuk memberitahu mengenai waktu dengan cara tersebut, bahkan di stasiun penyiar radio di kota Manila.

Berikut merupakan tabel bilangan dan angka dalam bahasa tagalog disertai dengan akar bahasa dari bahasa malaysia, akar bahasia spanyol, arti bahasa indonesia, dan arti bahasa inggris sebagai pedoman anda dalam memahami bahasa tagalog. Cara pengucapan bahasa tagalog sama dengan cara pengucapan dalam bahasa indonesia.


Bilangan Bahasa Tagalog Arti Bahasa Indonesia Arti Bahasa Inggris
Akar Kata Malaysia Akar Kata Spanyol
1 isa uno satu one
2 dalawa dos dua two
3 tatlo tes tiga three
4 apat kwatro empat four
5 lima sinko lima five
6 anim sais enam six
7 pito syete tujuh seven
8 walo otso delapan eight
9 siyam nuwebe sembilan nine
10 sampu diyes sepuluh ten
11 labing-isa onse sebelas eleven
12 labindalawa dose dua belas twelve
13 labintatlo trese tiga belas thirteen
20 dalawampu beynte dua puluh twenty
21 dalawamput-isa beynteuno dua puluh satu twenty one
30 tatlumpu trenta tiga puluh thirty
40 apatnapu kwarenta empat puluh fourty
50 limampu singkwenta lima puluh fifty
60 animnapu seisenta enam puluh sixty
100 isang daan siyento seratus one hundred
200 dalawang daan dos siyentos dua ratus two hundred
1000 isang libo mil seribu one thousand
2000 dalawang libo dos mil dua ribu two thousand
10000 sampung libo dies mil sepuluh ribu ten thousand
100000 isang daang libo siyento mil seratus ribu one hundred thousand

Bilangan Peringkat
Dalam bahasa Tagalog, bilangan peringkat dibentuk dengan menggunakan imbuhan awal (prefiks) "Ika-" atau "Panga-" sebelum kata bilangan atau angka. Sebagai contoh, kata "Ikatlo" (dari kata "Ika-" dan "Tatlo") atau kata "Pangatlo" (dari kata "Panga-" dan "Tatlo") yang berarti "ketiga" dalam bahasa indonesia. Kata "Ika" bisa digunakan untuk menyampaikan urutan waktu dalam satu hari atau hari dalam satu bulan. Contoh:

Ikatlo ng Hapon = Jam ketiga di siang hari/Jam ketiga di siang.
Ika-Dawalamput Isa ng Enero = Kedua puluh satu di bulan Januari/Kedua puluh satu di Januari.

Demikian postingan mengenai bilangan dan angka-angka dalam bahasa Tagalog. Semoga bisa diterapkan dalam komunikasi berbahasa Tagalog. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer