Jadwal Keberangkatan Kereta Api Jatiluhur, Walahar Ekspress, dan Cilamaya Ekspress

UPDATE (09-04-2017): Jadwal terbaru KA Lokal Purwakarta dan Patas Purwakarta yang berlaku mulai 1 April 2017.

Kereta Api Lokal Cikampek-Purwakarta merupakan kereta api penumpang yang melayani relasi Jakarta-Cikampek-Purwakarta. Kereta api tersebut melayani 10 perjalanan yang terdiri dari 5 perjalanan dari Jakarta, 3 dari Purwakarta, dan 2 dari Cikampek. Seiring dengan meningkatnya penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta api berbasis rel listrik (KRL), stasiun Jakarta Kota yang sekaligus melayani pemberangkatan kereta api jarak jauh dan kereta lokal menjadi sangat padat khususnya pada hari pekan akhir. Oleh karena itu, PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) meluncurkan kebijakan untuk mengurangi beban penumpang di stasiun Jakarta Kota dengan memindahkan keberangkatan kereta api lokal Cikampek-Purwakarta dari stasiun Jakarta Kota menjadi stasiun Tanjung Priuk.



Dalam postingan ini, saya memberikan jadwal keberangkatan kereta api lokal Cikampek-Purwakarta yang saya peroleh dari beberapa informasi dari berbagai stasiun dan saya ringkas menjadi bentuk gambar yang bisa anda lihat dan bisa anda simpan sebagai referensi jadwal. Pada tanggal 9 Februari 2017, jadwal kereta api lokal Cikampek-Purwakarta ini mengalami perubahan relasi yang semula adalah Jakarta Kota-Cikampek-Purwakarta menjadi Tanjung Priuk-Cikampek-Purwakarta. Pada tanggal 13 Februari 2017, kereta api Lokal Purwakarta dan Patas Purwakarta berganti nama berdasarkan relasi kereta api yang dituju, yaitu:

  • Kereta Api Lokal Cikampek dari Cikampek ke Tanjung Priuk dan sebaliknya berubah nama menjadi Kereta Api Jatiluhur.
  • Kereta Api Lokal Purwakarta dan Patas Purwakarta dari Tanjung Priuk ke Purwakarta berubah nama menjadi Kereta Api Walahar Ekspress.
  • Kereta Api Lokal Purwakarta dan Patas Purwakarta dari Purwakarta ke Tanjung Priuk berubah nama menjadi Kereta Api Cilamaya Ekspress.

Jadwal Kereta Api Lokal Purwakarta dari Stasiun Tanjung Priuk hingga Stasiun Cikampek-Stasiun Purwakarta:
Jadwal kereta api lokal Purwakarta dan patas Purwakarta dari Tanjung Priuk ke Purwakarta 1 April 2017


Jadwal Kereta Api Lokal Purwakarta dari Stasiun Purwakarta-Stasiun Cikampek hingga Stasiun Tanjung Priuk:
Jadwal kereta api lokal purwakarta dan patas purwakarta dari Purwakarta ke Tanjung Priuk 1 April 2017

Keterangan:
LS: Langsung (Tidak Berhenti)
Warna Hijau: Kereta Api Jatiluhur (KA Lokal Cikampek)
Warna Biru: Kereta Api Walahar Ekspress/Cilamaya Ekspress (KA Patas Purwakarta)
Warna Kuning: Kereta Api Walahar Ekspress/Cilamaya Ekspress (KA Lokal Purwakarta)

Kereta api Jatiluhur, Walahar Ekspress, dan Cilamaya Ekspress pada jadwal yang berlaku 1 April 2017 berhenti di stasiun Tanjung Priuk, Kemayoran, Pasar Senen (Hanya dari arah Cikampek dan Purwakarta), Tambun, Cikarang, Lemah Abang, Kedunggedeh, Karawang, Klari (KA 323A), Kosambi (kecuali KA 323A), Dawuan (KA 323A), Cikampek, Cibungur, dan Purwakarta. Tarif kereta api Jatiluhur, Walahar ekspress, dan Cilamaya Ekspress berkisar antara 5000 untuk relasi Tanjung Priuk-Cikampek, dan 600 untuk relasi Tanjung Priuk-Purwakarta dan Cikampek-Purwakarta.

Bagi anda pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek yang ingin naik kereta api Jatiluhur dan Walahar Ekspress yang berangkat dari stasiun Tanjung Priuk, anda bisa naik KRL Commuter Line Jabodetabek relasi Jakarta Kota-Tanjung Priuk. Berikut adalah jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek relasi dari stasiun Jakarta Kota menuju stasiun Tanjung Priuk yang berlaku mulai 1 April 2017:
Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek Pink Line 1 April 2017

Berikut adalah jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek relasi dari stasiun Tanjung Priuk menuju stasiun Jakarta Kota yang berlaku mulai 1 April 2017:
Jadwal KRL Commuter Line Jabodetabek Pink Line 1 April 2017

Alternatif lain jika anda tidak ingin naik KRL relasi Jakarta Kota-Tanjung Priuk setelah turun dari kereta api Jatiluhur dan Cilamaya Ekspress, anda bisa turun di stasiun Kemayoran untuk sambung KRL relasi Jatinegara-Bogor atau Bekasi-Jakarta.

Demikian postingan mengenai jadwal keberangkatan kereta api lokal Purwakarta dan patas Purwakarta atau biasa disebut dengan kereta api Jatiluhur, Walahar Ekspress, dan Cilamaya Ekspress. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer